Instagram kini menambahkan fitur baru ke Reels, yakni fitur untuk membalas komentar melalui video.

Mirip TikTok, Instagram Luncurkan Fitur Balas Komentar di Reels

Wanovy | Teknologi | 22-12-2021

Instagram kini menambahkan fitur baru ke Reels, yakni fitur untuk membalas komentar melalui video.

Seperti yang ditunjukkan oleh salah satu warganet Twitter, fitur ini terlihat sama persis dengan yang sudah ada di TikTok, dikutip dari The Verge, Rabu (15/12/2021).

Saat ini, jika pengguna mengomentari Reels yang diposting, sang kreator bisa menambahkan stiker komentar ke Reels baru yang kemudian dapat dipindahkan atau diubah warnanya.

Namun, tampaknya hanya pengguna terbatas saja yang bisa menggunakan fitur tersebut di Reels.

Ini menjadi opsi membalas komentar yang baru bagi pengguna. Sebab, selama ini, pengguna hanya bisa membalas komentar melalui format teks saja.

Untuk diketahui, Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram dapat merekam sekaligus menyunting video pendek.

Dengan adanya fitur Reels Visual Replies, nantinya akan ada tambahan ikon kamera saat pengguna mengeklik opsi "reply/balas" dari komentar yang ada di postingan miliknya.

Ikon kamera itu akan membawa pengguna ke menu kamera Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna membalas komentar langsung dengan video baru yang diunggah ke Reels.

Saat mau membalas komentar, pengguna Instagram Reels bisa memilih opsi baru yang memungkinkan mereka menanggapinya dengan video. Nantinya, komentar ini akan dimunculkan di video Reels dalam bentuk stiker.

"Anda sekarang dapat membalas komentar dengan Reels dan komentar akan muncul sebagai stiker," kata Instagram dalam pengumuman yang disampaikan via Twitter, dikutip dari Techcrunch, Kamis (16/12/2021).

Komentar dalam bentuk stiker ini akan menampilkan isi sekaligus nama akun yang menanggapi.

Dengan memanfaatkan fitur Reels Visual Replies ini, Mosseri mengatakan konten kreator bisa berinteraksi dan terlibat dengan audiens dengan cara baru yang lebih menyenangkan.

Mosseri sendiri sangat menyarankan kreator konten di Instagram untuk berinteraksi dengan pengikutnya (follower) sesering mungkin.

"Sebab, semakin Anda terlibat dengan audiens Anda, maka akan semakin kuat pengikut Anda, dan jangkauan (reach) akun Anda akan tumbuh dari waktu ke waktu," kata Mosseri.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2020, perubahan dan penambahan Instagram telah membuat kedua platform ini semakin mirip.

Batas waktu maksimum untuk Reels juga dinaikkan beberapa kali, mencapai satu menit pada bulan Juli. Sama seperti TikTok yang menaikkan panjang maksimumnya dari satu menit menjadi tiga.

Dengan kepopuleran TikTok, tak mengherankan jika Instagram Reels menghadirkan fitur serupa untuk menyaingi platform tersebut.

Tag : #instagram    #reels    #fitur baru    #balas komentar reels   

Baca Juga