Nama anam 19 kata di Tuban akhirnya diganti

Nama Anak yang Terdiri dari 19 Kata di Tuban Akhirnya Diganti

rini | Daerah | 11-11-2021

PARBOABOA, Tuban - Masih ingat dengan berita viral seorang anak di Tuban yang kesulitan mengurus akta kelahiran karena nama yang kepanjangan? Akhirnya masalah ini diselesaikan dengan penggantian nama.

Pihak keluarga akhirnya menyetujui mempersingkat nama anaknya yang awalnya berisi 19 kata yakni Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Cordo merupakan anak dari pasangan Arif Akbar (29) dan Suci Nur Aisyiah (26), yang tinggal di Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar. Ia lahir 6 Januari 2019.

Nama ini menjadi viral setelah sang ayah yang bernama Arif Akbar meminta bantuan Presiden Jokowi untuk pengurusan akta lahir anaknya yang tak kunjung jadi, padahal anak tersebut telah berusia 3 tahun.

Penggantian nama ini berhasil disepakati setelah keluarga berdikusi dengan pihak Disdukcapil dan tokoh adat. Padahal sebelumnya, paman dari Cordosega, Mujoko Sahid yang merupakan tokoh adat Tuban Selatan sekaligus orang yang memberi nama Cordosega, awalnya sama sekali tidak mau mengganti nama anak tersebut diganti, karena merasa nama yang panjang tidak melanggar hukum.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan disepakati bahwa anak yang bersangkutan berganti nama menjadi R-Akbar Zudan Cordosega Sura Talenta.

Nama baru itu sudah dapat diakomodir dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Sehingga proses pengurusan berbagai dokumen kependudukan dapat dilakukan.

"Meski demikian, nama Cordosega yang sebelumnya, silakan tetap menjadi nama adat baginya sehingga ketentuan adat tetap berlaku," kata Zudan Arif, Rabu (10/11).

Siang tadi, Zudan mendatangi rumah Arif untuk memberikan secara langsung dokumen kependudukan milik Cordo. Seperti Akta Kelahiran, KK dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Arif Akbar selaku ayah dari Cordosega mengaku senang dan bahagia, akhirnya masalah administratif yang menyangkut anaknya berhasil dituntaskan.

Tag : #viral    #nama anak terpanjang    #nama 19 kata    #daerah    #tuban    #ganti nama   

Baca Juga