Nike baru-baru ini mengumumkan akuisisi studio RTFKT, startup sepatu sneaker virtual

Nike Akuisisi Studio RTFKT, Siap Jual Sneakers di Metaverse

Wanovy | Teknologi | 16-12-2021

Metaverse lagi-lagi menjadi perbincangan banyak orang setelah perubahan nama Facebook menjadi Meta. Selain Facebook, pendiri Microsoft Bill Gates juga menilai bahwa metaverse semakin membuka ladang baru terhadap perkembangan teknologi virtual.

Tak hanya mereka, merek sepatu raksasa Nike baru-baru ini mengumumkan akuisisi studio RTFKT, startup sepatu sneaker virtual. Keputusan tersebut memberi sinyal bahwa dunia fesyen virtual akan semakin memanas pada 2022 mendatang.

"Rencana kami adalah berinvestasi dalam merek RTFKT, melayani dan mengembangkan komunitas inovatif dan kreatif mereka, serta memperluas jejak dan kemampuan digital Nike," kata Presiden dan CEO Nike, John Donahoe seperti dikutip dari Engadget, Kamis (16/12/2021).

Pihak RTFKT juga mengumumkan bahwa perusahaan telah menjadi bagian dari Nike. Hal tersebut disampaikan RTFKT melalui postingan Twitter pada 13 Desember 2021 kemarin. Akuisisi RTFKT dinilai bakal membantu perusahaan untuk menghadirkan koleksi generasi berikutnya yang menggabungkan budaya dan game.

Untuk diketahui, RTFKT yang berdiri pada 2019 itu menjadi semakin populer di kalangan penggemar sneaker dan Web3, terutama saat NFT tengah ‘naik daun’ sejak awal tahun ini.

Pada Februari lalu, startup tersebut merilis beberapa desain sepatu kets virtual, hasil kerja sama dengan artis Fewocious. Koleksi itu menghasilkan lebih dari USD 3 juta lewat penjualan lebih dari 600 pasang sepatu yang bahkan tidak dapat dikenakan di dunia fisik.

Sebelum mengakuisisi RTFKT, Nike sudah lebih dulu mengajukan lisensi atas merek dagang Nike untuk toko ritel virtual dan produk virtual ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USTPO) pada Oktober 2021 lalu.

Dalam dokumen aplikasi Nike ke USTPO, Nike mengajukan lisensi atas produk virtual bermerek Nike, seperti sneakers, pakaian, tas, kacamata, hiasan kepala, mainan, peralatan olahraga, ransel, hingga aksesoris untuk digunakan online dan di dunia virtual.

Hanya dalam waktu tujuh menit, ada lebih dari 600 orang yang membeli sneakers NFT itu dengan total penjualan mencapai 3,1 juta dollar AS (setara Rp 44,2 miliar).

Selain sneakers NFT, baru-baru ini, RTFKT juga memperkenalkan proyek avatar digital bernama CloneX yang berupa 20 ribu avatar 3D dalam bentuk NFT..

Proyek hasil kerja sama dengan seniman Jepang, Takashi Murakami ini disebut sebagai proyek paling ambisius RTFKT. Sebab, proyek ini menandai awal ekosistem RTFKT untuk avatar yang siap digunakan di metaverse.

Kendati berita ini sudah diumumkan, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut terkait terms of deal dari kedua pihak.

Tag : #nike    #sneakers    #nike akuisis rtfkt    #startup    #metaverse    #nft   

Baca Juga