Progress Pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB

Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 80 Persen

maraden | Olahraga | 06-07-2021

Pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat masih berlangsung dengan mengejar waktu jadwal homologasi di akhir Juli 2021 nanti.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) juga mengatakan, pekerjaan konstruksi pembangunan Sirkuit Mandalika, NTB, sudah mencapai 80 persen dalam sebuah postingan akun instagram resminya.

"Were back! Fyi, progress pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika secara keseluruhan mencapai 80,02 persen dengan progres pengaspalan service road yang sudah teraspal sekitar 7,860 meter dari total 8,120 meter," tulis MGPA dalam akun resminya, Selasa (6/7/2021).

Happy Harinto, selaku Humas MGPA, mengatakan saat ini progres pengerjaan berada di tahap pengaspalan layer kedua dari tiga layer yang akan dilaksanakan. Selain itu, untuk bagian gravel sudah hampir selesai alias di angka 99% progresnya.

Selain itu, sejak 3 Juli 2021, pengembang juga sudah mengerjakan aspal lapis kedua (AC-Binder) yang sudah dimulai untuk segmen pertama dan dilanjutkan untuk segmen-segmen berikutnya.

"Pekerjaan lapis kedua ini akan selesai pada pertengahan Juli tahun 2021," tulis MGPA. Adapun pekerjaan lapisan terakhir yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA) pada trackline akan selesai sebelum homologasi awal Agustus 2021.

MGPA mengatakan, pekerjaan di sirkuit tidak hanya terfokus pada pengaspalan, tetapi juga hal lain secara bersamaan. Selain pengaspalan, pihaknya juga melakukan penghamparan gravel bed, proses fabrikasi gantry start/finish beserta fondasi, dan pemasangan concrete barrier. Pekerjaan lainnya yaitu pemasangan pagar Debrish Fence serta Pitwall Geobrugg, permanent spectator fence, dan landscaping atau penataan pohon dan rumput di sekitar kawasan.

Jadwal homologasi Sirkuit Mandalika ini direncanakan akan berlangsung pada akhir Juli 2021 mendatang, pihak MGPA mengaku optimis dan sampai saat ini masih memegang rencana dari pihak Dorna tersebut.

Sebelumnya pada Maret 2021 lalu Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP, juga telah datang ke Lombok, NTB, untuk mengecek kesiapan Sirkuit Mandalika. Kedatangan Dorna Sport tersebut untuk memastikan kesiapan akhir Sirkuit Internasional Mandalika, yang akan dijadikan salah satu tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.

 

 

Tag : #wisata    #teknologi    #metropolitan    #nasional    #olahraga    #hiburan   

Baca Juga