Vaksinasi di Kantor Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Pemerintah Mulai Lirik Booster Vaksin Keempat

Sondang | Nasional | 23-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Di masa pandemi covid-19, setiap pemerintah tentu menginginkan yang terbaik untuk negaranya. Salah satunya dengan mengadakan vaksinasi bagi setiap masyarakat di negara tersebut.

Seperti saat ini, pemerintah Indonesia tengah fokus menyelesaikan program vaksinasi primer dosis satu dan dua yang rencananya bakal dirampung pada Juni 2022, serta paralel melakukan program vaksinasi booster suntikan ketiga.

Tak puas dengan hal itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyebut bahwa adanya peluang Indonesia akan memberlakukan program vaksinasi virus corona (Covid-19) lanjutan atau booster keempat apabila studi analisis di masa yang akan datang menunjukkan bukti yang empiris.

Meski demikian, kebijakan suntikan vaksin Covid-19 dosis keempat itu tidak akan diberlakukan dalam waktu dekat.

"Kalau nanti diperlukan dengan studi yang terus kita evaluasi ternyata kita butuh booster keempat, bukan tidak mungkin booster keempat itu perlu dilakukan. Tetapi sekarang yang mesti kita kejar adalah bahwa kita mesti melakukan equal policy," kata Dante dalam acara daring, Rabu (23/2).

Dante mengingatkan, masih terdapat sejumlah warga yang belum menerima vaksin dosis kedua bahkan dosis pertama. Capaian vaksinasi per Rabu (23/2) pukul 12.00 WIB, sebanyak 190.092.902 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara itu, 141.806.330 dosis orang juga telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang sudah menyentuh 91,27 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 68,09 persen.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Italia telah merekomendasikan vaksin Covid-19 dosis keempat untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Dilansir dari Reuters, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah direkomendasikan menerima suntikan vaksin mRNA keempat untuk melawan Covid-19.

Komisioner khusus yang ditunjuk pemerintah untuk kondisi darurat Covid-19 akan menetapkan tanggal mulai berlakunya rekomendasi vaksin Covid-19 dosis keempat. Hal itu juga akan disesuaikan dengan kebutuhan kampanye vaksin Covid-19, kata kementerian kesehatan Italia.

Selain itu, vaksin booster memang sangat efektif untuk mencegah kematian akibat Covid-19. Vaksin booster juga diyakini telah menurunkan risiko yang lebih umum, seperti menunurunkan risiko pasien Covid-19 yang memerlukan rawat inap.

Tag : #vaksinasi    #covid 19    #wamenkes    #nasional   

Baca Juga