Ilustrasi ban mobil (lifepal.co.id)

Penting! Berikut Cara Memilih Ban Mobil yang Aman dan Tahan Lama

Dimas | Otomotif | 06-04-2022

PARBOABOA – Ban merupakan salah satu komponen utama pada mobil yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, Jika ban mengalami kerusakan, maka sehebat apapun performa mesin mobil yang Kamu miliki, mobil tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Diketahui juga, kondisi ban sangat berpengaruh besar terhadap keamanan dan risiko terjadinya kecelakaan selama berkendara. Sebab, kondisi ban yang botak atau ban tidak seimbang dapat membuat mobil tergelincir dan berujung kecelakaan.

Maka dari itu, sangat penting bagi Kamu untuk mengetahui bagaimana cara memilih ban mobil yang aman dan juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Memilih Ban Mobil yang Aman dan Tahan Lama

1. Pilih ban mobil sesuai kebutuhan

Pilih sesuai kebutuhan kamu sendiri sebagai pengguna mobil. Misalnya, jika kamu suka travelling, yang harus melewati medan berlumpur dan bebatuan, maka tipe ban yang cocok untuk offroad adalah M/T atau Mud Terrain.

Adapun jenis atau tipe ban mobil tersebut, memang terkenal kuat dan kokoh ketika menempuh medan yang paling sulit sekalipun.Sehingga, Kamu bisa melihat jenis dan tipe ban yang kamu butuhkan.

Namun, ban dengan jenis tersebut, tidak dapat digunakan pada jalanan kota karena akan licin dan daya cengkramnya lemah.

Selain itu, jika daerah rumah Kamu adalah daerah langganan banjir, maka tipe All Terrain atau A/T-lah yang cocok untuk digunakan.

Namun, jika Kamu menggunakan mobil hanya untuk berangkat ke kantor, yang ada di perkotaan, maka bisa gunakan tipe H/T atau High Terrain, yang sangat nyaman serta tidak berisik.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kendaraan

Dari jenis di atas, Kamu bisa langsung menentukan mana yang paling tepat untuk kendaraanmu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kendaraan. Untuk mengetahuinya, ada simbol ban mobil yang bisa dijadikan acuan. Informasi seputar tipe ini tercantum dalam buku petunjuk penggunaan.

Umumnya, masing-masing tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya. Misalnya kode P 215/55 R17 93V yang mana P berarti Passenger. Kode P pada ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang.

Lalu ada juga kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, ;ST’ yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan.

3. Perhatikan ukuran ban

Ukuran ban juga menjadi cara memilih ban mobil berikutnya yang harus diperhatikan. Pemilik kendaraan dapat melihat ukuran melalui ukiran angka di samping ban berupa susunan kode ukuran ban mobil.

Misalnya pada kode P 215/55 R17 93V. Angka 215 menunjukan lebar telapak ban dalam satuan milimeter yang berpengaruh pada peningkatan performa dan kecepatan.

Lalu, angka 55 menunjukan ketebalan dibandingkan lebar telapak ban berupa rasio ban dalam persentase. Artinya tebal ban adalah 55% dari 215 milimeter.

Jika ketebalan semakin besar, maka keseimbangannya pun lebih terjaga. Sementara itu huruf R adalah kriteria ban radial, lalu angka 17 menyatakan diameter pelek dalam satuan inci.

Selanjutnya, 93V adalah kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 93 memiliki indeks kemampuan daya pikul (load index) untuk tiap ban. Kemudian, huruf V melambangkan kecepatan maksimal sebesar 240 km/jam. 

4. Pilih pola desain alur yang cocok

Pola desain alur juga penting karena dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekannya kecil, resiko terpeleset atau tergelincir di jalan pun besar.

Untuk jalanan basah pada daerah dengan curah hujan yang tinggi, maka pola desain V yang memiliki daya gesek tinggi sangatlah cocok. Sementara itu, untuk jalanan yang terlalu panas, hindari ban dengan guratan yang banyak.

Selanjutnya, pola desain alur tapak bulat sangat cocok bagi Anda yang sering berkendara lewat jalan bergelombang.

Pilihlah pola yang cocok dengan kebutuhan Kamu dan rutinlah menggantinya ketika pola sudah halus.

5. Perhatikan tahun pembuatan ban mobil

Sama halnya dengan produk makanan, ban mobil juga memiliki tanggal kadaluarsa. Ketika susah memasuki tanggal kadaluarsa, ban mobil harus segera diganti. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara membeli ban mobil baru yang sangat penting.

Bagaimana cara mengamati tahun pembuatan ban? Yang pertama, Kamu bisa perhatikan kode ban, yang biasanya tertera empat digit angka, misalnya seperti kode 0313.

Nah, kode tersebut bisa Kamu baca atau diterjemahkan menjadi:

- 03: Menunjukkan waktu dibuat ban, yakni di minggu ketiga.

- 13: Menunjukkan pada tahun berapa ban itu diproduksi

Sehingga, kesimpulan dari kode 0313 adalah ban tersebut dibuat pada minggu ke–3 tahun 2013.

Nah, untuk membeli ban yang bagus, disarankan untuk pilih ban dengan tahun pembuatan yang masih baru.

Pasalnya, ban terbuat dari karet, di mana kualitas ban baru, pasti berbeda dengan ban yang lama, meski belum pernah digunakan.

Selain itu, proses penyimpanan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Karena ban terbuat dari karet, maka ketika lama disimpan, ban mungkin bisa terkena masalah.

Itulah informasi penting terkait cara memilih ban mobil yang aman dan tahan lama.

Tag : #mobil    #ban mobil    #otomotif    #komponen mobil    #jenis ban mobil    

Baca Juga