Kesemutan sering terjadi di area telapak kaki dan tangan

Penyebab dan Cara Mencegah Kesemutan

rini | Kesehatan | 09-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut parestesia, umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan dan kaki.

Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun dan bersifat sementara. Namun, dalam beberapa kasus, kesemutan di tangan, kaki, wajah, atau anggota tubuh lainnya bisa terjadi secara berkelanjutan akibat kerusakan saraf atau gangguan pada sistem saraf pusat.

Beberapa penyebab tangan sering kesemutan yang umum terjadi di antaranya:

1. Duduk Terlalu Lama

Penyebab kesemutan yang umum adalah saraf terjepit akibat tekanan pada satu bagian tubuh tertentu, seperti tangan atau kaki, atau berada di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Misalnya, duduk bersila terlalu lama atau tidur dengan tangan berada di bawah kepala.

2. Kekurangan vitamin

Vitamin B1, B6 dan B12 adalah vitamin yang sangat baik untuk kesehatan saraf. Jika kebutuhan vitamin tersebut tidak tercukupi, saraf bisa rusak dan menimbulkan kesemutan.

3. Kecemasan/ ansietas

Kecemasan dapat menyebabkan kesemutan, terutama pada kaki, akibat hiperventilasi. Keadaan bernafas secara cepat ini menyebabkan ketidakseimbangan antara kadar oksigen dan karbon dioksida dalam tubuh, sehingga menimbulkan kesemutan.

4. Alkohol

Minum alkohol berlebihan bisa merusak jaringan saraf di dalam tubuh. Lambat laun, hal tersebut bisa berujung pada penyakit neuropati perifer yang menyebabkan kebas secara permanen di salah satu anggota tubuh, seperti tangan, kaki, dan jari tangan.

Cara Mengatasi Kesemutan:

- Hilangkan tekanan misalnya mengganti posisi tidur, berhenti menyilangkan kaki, berdiri dan menggerakan kaki sejenak,

- Pijat pada bagian tangan yang kram untuk melemaskan otot

- Perbanyak minum air putih, sesuai dengan kebutuhan tubuh minimal 8 gelas sehari

- Konsumsi vitamin B1, B6 dan B12 secara rutin

- Gunakan obat pereda nyeri atau rasa sakit jika rasa kram tidak mereda.

Tag : #kesehatan    #info sehat    #kesemutan    #mencegah kesemutan    #mengobati kesemutan   

Baca Juga