Perbedaan Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Blue Ray, Yuk Cek di Sini! (Dok :blibli)

Perbedaan Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Blue Ray, Yuk Cek di Sini!

Huira | Kesehatan | 13-07-2022

PARBOABOA - Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya berdampak pada perkembangan alat komunikasi saja. Banyak peralatan lain yang juga ikut merasakan kemajuan teknologi ini. Salah satunya adalah kacamata. Berkaitan erat dengan penggunaan alat komunikasi, beberapa jenis kacamata mampu menjaga kesehatan mata kita dari sinar radiasi.

1. Pengertian beserta Fungsi Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Blue Ray

• Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah kacamata dengan lapisan pelindung anti radiasi. Kacamata anti radiasi bekerja lebih baik dalam melindungi mata dari bahaya sinar UV yang dipancarkan matahari. Saat terkena sinar matahari, lensa pada kacamata anti radiasi akan menjadi lebih gelap.Perubahan ini umumnya dari bening menjadi abu-abu. 
Kaca mata jenis ini bisa digunakan pada kacamata minus, plus, dan silinder. 
Kalau kamu sering berada di luar ruangan, maka kacamata anti radiasi ini akan lebih optimal dalam melindungi mata dari radiasi sinar UV.  

• Kacamata Blue Ray

Kacamata blue ray adalah kacamata yang memiliki lapisan pelindung bersifat anti radiasi. Lensa blue ray dapat menangkal sinar UV dari matahari. Namun, kegunaan utama lensa ini adalah untuk menangkal sinar biru yang dipancarkan oleh berbagai jenis alat komunikasi seperti ponsel, tablet, laptop, hingga PC. 
Lensa blue ray juga bisa digunakan untuk kacamata minus, plus, dan silinder. 
Lensa blue ray lebih berguna untuk penggunaan di dalam ruangan. Terutama bagi mereka yang sehari-harinya selalu dekat dengan sinar biru. 

2. Ciri-ciri Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Blue Ray

• Lensa kacamata 

Lensa kacamata anti radiasi tersusun dari 2 logam yang dapat menahan sinar biru dan sinar matahari dari kedua sisi lensa. Kemampuannya antara 60 sampai 100 persen tergantung bahan logam pelapisnya. Ketika ingin memilikinya, pastikan kamu menanyakan lebih dahulu kepada penjual saat akan membelinya tentang seberapa besar kemampuan lensa kacamata dalam menahan sinar biru dan sinar matahari. 

• Lapisan pada kacamata 

Kacamata anti radiasi tersusun dari lapisan anti silau, lapisan keras, dan logam anti air. Tiga lapisan logam ini bisa dijadikan sebagai patokan untuk membedakan mana kacamata anti radiasi yang asli dan yang palsu. 

• Warna lensa kacamata 

Mungkin kamu tidak akan bisa melihat perbedaan warna lensa pada kacamata anti radiasi matahari, tetapi pada kacamata anti radiasi photogrey, kamu bisa dengan mudah mengetahui keasliannya. Kacamata anti radiasi photogrey berwarna bening dan akan berubah menjadi gelap (hitam atau abu-abu) saat dipakai di luar ruangan. 

• Menggunakan lensa antireflektif

Kacamata anti radiasi umumnya menggunakan lensa AR atau anti reflective yang bekerja untuk mengurangi pantulan sinar, hal ini disebabkan oleh lapisan pengikat kontras yang ada pada kacamata.

3. Perbedaan Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Blue Ray

• Anti radiasi UV

Sebenarnya, kacamata anti radiasi dan kacamata blue ray sama-sama memiliki fungsi anti radiasi dari sinar UV. Hanya saja, kadar pada kacamata anti radiasi lebih kuat jika dibandingkan dengan kacamata blue ray. 

• Anti radiasi sinar biru

Jika menangkal sinar biru yang biasanya keluar dari alat komunikasi, kacamata blue ray akan jauh lebih unggul dari pada kacamata anti radiasi. Baik saat menonton TV, menggunakan komputer, hingga ponsel, sinar biru akan terpancar. 
Maka, bagi kamu yang sering beraktivitas dengan alat komunikasi. Kacamata blue ray akan lebih berguna. Hal ini terbukti saat kedua kacamata tersebut disorot dengan sinar. Pada kacamata anti radiasi, sinar yang disorot akan menembus lensa. Sedangkan pada kacamata blue ray, sinar yang disorot tidak akan menembus ke balik lensa.

• Pemakaian siang

Untuk pemakaian diluar ruangan pada pagi dan siang hari, kacamata anti radiasi akan jauh lebih berguna. Perubahan warna ketika memakainya akan melindungi mata dari radiasi sinar UV yang berasal dari matahari. Selain melindungi mata dari radiasi sinar UV, kacamata anti radiasi juga dapat berfungsi sebagai kacamata hitam ketika berada di bawah sinar matahari. 

• Pemakaian malam hari

Sementara untuk digunakan di malam hari, kacamata blue ray akan jauh lebih berguna. Terutama bagi kamu yang sering menyetir di malam hari, baik naik motor atau mobil, kacamata blue ray akan menghindari pandangan mu terganggu karena sinar lampu di jalan.

• Perbedaan harga

Karena lensa anti radiasi mampu berubah warna dan melindungi mata lebih maksimal saat terkena sinar matahari, maka tentunya harga kacamata anti radiasi akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kacamata blue ray. Hal ini sepadan dengan fungsi dan fitur yang akan kamu dapatkan. 

Setelah membaca semua pemaparan diatas, kacamata manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu ? Pilihlah kacamata dengan ukuran yang tepat agar menghindari mu dari rasa pusing, mata berair ataupun rasa tidak nyaman pada mata.

Tag : #Kacamata anti radiasi    #kacamata blue ray    #kesehatan    #fungsi kacamata anti radiasi    #pengertian kacamata a   

Baca Juga