parboaboa

Peringatan Dini Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Indonesia pada 27 April 2023

Maesa | Nasional | 27-04-2023

BMKG memperkirakan adanya gelombang tinggi 4 meter yang berpeluang terjadi di sebagian wilayah perairan laut Indonesia pada 27 April 2023. (Foto: BMKG)

PARBOABOA, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Gelombang ini diperkirakan mencapai ketinggian 4 meter di beberapa wilayah perairan laut Tanah Air pada hari ini, 27 April 2023 selama 12 jam ke depan.

Oleh karena itu, BMKG meminta agar warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir untuk selalu waspada terhadap kemungkinan bencana.

Termasuk masyarakat nelayan serta yang melakukan pelayaran menggunakan kapal fery atau kapal tongkang.

Dilansir BMKG, gelombang tinggi itu terbentuk karena pola angin yang berbeda-beda di sebagian wilayah Indonesia.

Seperti pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, dominan bergerak dari arah Timur Laut- Timur dengan kecepatan angin berkisar 3 knot-15 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 knot-25 knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi ini diperkirakan terjadi di Laut Arafuru.

Sedangkan untuk gelombang tinggi dari 4 meter yang disebabkan oleh kecepatan angin tersebut diperkirakan BMKG akan berpeluang terjadi di perairan Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Samudra Hindia Barat Lampung.

Perairan selatan P. Enggano, perairan selatan Bali-Lombok-Sumbawa bagian selatan, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan P. Sumbawa, Samudra Hindia Selatan Jawa-NTT, serta Laut Arafuru.

Editor : Maesa

Tag : #gelombang tinggi    #angin kencang    #nasional    #bmkg    #pola angin    #nelayan    #kapal fery    #peraian indonesia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU