Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Permainan Rounders (Foto: viva)

Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Permainan Rounders

Faulan | Olahraga | 23-09-2022

PARBOABOA - Rounders adalah permainan bola kecil atau olahraga yang mirip dengan permainan bisbol, bola basket, bola bakar, dan softball. Cara atau teknik dasar dalam permainan rounders hampir sama dengan permainan bola kecil seperti bisbol.

Permainan rounders dimainkan dengan cara memukul bola kemudian mengitari lapangan yang sebelumnya ditandai dengan tiang atau base point. Pemenang ditentukan dengan tim yang paling banyak mengelilingi lapangan. Dalam permainan ini setiap tim terdiri dari 12 pemain.

Dalam permainan rounders juga terdapat beberapa teknik dasar seperti teknik melempar, menangkap, memukul dan menghindari sentuhan bola. Permainan rounders berasal dari negara Inggris dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 1950.

Teknik Dasar Permainan Rounders

Selain untuk mencari kesenangan dan menyehatkan badan, tentu kita juga ingin memenangkan permainan ini. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar dalam permainan  rounders yang harus dikuasai pemain.

1. Teknik Memegang

Memegang adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain rounders. Penguasaan bola yang baik akan mempengaruhi lemparan yang akurat dan lebih terarah. Beberapa teknik dalam memegang bola dalam permainan ini seperti pegang bola dengan 3 jari, 4 jari, dan 5 jari.

2. Teknik Melempar

Agar mendapat lemparan yang baik maka pemain harus menguasai teknik dasar lemparan dalam permainan rounders. Ada 3 jenis lemparan dalam permainan rounders. Berikut adalah teknik melempar dalam permainan rounders.

- Lemparan Melambung

Lemparan melambung digunakan untuk menghasilkan lemparan bola yang jauh. Lemparan ini membutuhkan banyak energi agar dapat menghasilkan lemparan yang tinggi dan jauh.

- Lemparan Mendatar

Lemparan mendatar menghasilkan arah bola yang mendatar dan cepat. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari belakang ke depan dan sejajar dengan bahu.

- Lemparan Bawah

Lemparan bawah adalah teknik yang digunakan agar arah lemparan bola menyusur tanah. Teknik ini dilakukan dengan cepat dan dalam keadaan yang mengharuskan pemain untuk berpikir cepat.

3. Teknik Menangkap

Teknik menangkap dalam permainan rounder dapat dilakukan dengan berbagai macam tergantung dari arah datangnya bola. Teknik menangkap dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

- Bola Datang Mendatar

Renggangkan kaki dan posisikan kedua tangan sejajar dada dan pandangan fokus ke arah datangnya bola.

- Bola Datang Melambung

Renggangkan kaki ke belakang lalu posisikan kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan terbuka dan pandangan ke arah datangnya bola.

- Bola Bawah

Posisikan badan dengan sikap membungkuk ke tanah, lalu telapak tangan dibuka dan mengarah ke datangnya bola.

4. Teknik Memukul

Dengan pukulan yang bagus, suatu tim hampir bisa dipastikan akan dapat mendominasi permainan. Oleh karena itu, pemain harus bisa menguasai teknik melempar yang benar. 

5. Teknik Berlari

Setelah memukul bola, pemain harus segera berlari ke base point. Ketika ingin berlari menuju base, maka harus disesuaikan dengan situasi dalam permainan. Ada saatnya pemain harus berlari secepatnya. Yang harus diperhatikan saat ingin berlari adalah cara menuju base point dan pastikan tempat tersebut belum tersentuh oleh lawan.

Ukuran Lapangan Permainan Rounders

Lapangan permainan rounders berbentuk seperti segi lima dengan panjang setiap sisi lapangan sepanjang 15 meter. Jumlah base dalam permainan rounders adalah lima base yang berukuran 40cm x 40 cm dan tempat untuk pitcher berukuran 40 cm x 80 cm.

Tag : #permainan rounders    #teknik permainan rounders    #olahraga    #bola kecil    #ukuran lapangan   

Baca Juga