Ilustrasi Lari maraton (Dok. Shutterstock)

Jangan Sampai Salah, Berikut Persiapan Sebelum Lari Maraton yang Wajib Diketahui

Juni | Olahraga | 08-08-2022

PARBOABOA – Mengikuti ajang lari maraton memang menghadirkan keseruan tersendiri. Maraton adalah salah satu jenis olahraga lari dengan jarak tempuh sejauh 42 kilometer atau lebih.

Karena jaraknya yang terbilang jauh, olahraga maraton termasuk salah satu olahraga atau kegiatan ekstrem. Untuk itu, perlu dilakukan persiapan yang matang, baik dari segi fisik ataupun no fisik.

Lalu, apa saja persiapan yang diperlukan sebelum lari jarak jauh? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Jaga Stamina Tubuh

Sebanyak 50% pelari maraton mengalami cedera, mulai dari nyeri tumit, keseleo, cedera tulang kering, hingga kondisi lain yang mungkin akan menghambat para pelari dalam menyelesiakan perlombaan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dan melakukan check-up sebelum memulai aktivitas berat. Untuk mengantisipasi cedera, jangn ragu untuk menjelaskan gejala-gejala yang timbul atau dirasakan, seperti nyeri sendi, kram, lelah, dan yang lainnya.

2. Latihan Rutin dan Bertahap

Sebelum mengikuti ajang maraton, kamu sebaiknya dalam kondisi yang prima. Selain itu, melakukan latihan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Idealnya, latihan dapat dilakukan 3 minggu sebelum bertanding.

Kamu bisa latihan dengan jarak 5 kilometer dan bisa ditingkatkan secara bertahap hingga 42 kM dalam kurun waktu tertentu.  Hal itu bertujuan agar tubuh tidak kaget dan akan beradaptasi dengan baik.

3. Istrihat yang Cukup

Kegiatan ekstrem seperti maraton bisa dilakukan dengan baik dengan memperhatikan waktu istirahat. Jangan sampai terlalu fokus untuk berlatih sehingga melupakan waktu istirahat. Perlu diketahui bahwa fisik yang bugar dan istirahat yang cukup merupakan hal yang wajib diperhatikan.

Latihan dengan intensitas yang tinggi dan tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup akan berisiko mengalami kelelahan hingga menyebabkan cedera. Oleh karena itu, aturlah jadwal latihan dan istirahat Anda.

4. Jaga Asupan Gizi

Selain istirahat, memperhatikan asupan gizi juga perlu diperhatikan sebelum mengikuti ajang maraton. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari risiko dehidrasi. Sejumlah makanan yang ideal untuk dikonsumsi antara lain, roti, pasta, nasi, dan sayuran bertepung. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, kamu dapat memaksimalkan simpanan glikogen atau tenaga yang dimiliki.

5. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Meskipun tak membawa banyak perlengkapan, ada sejumlah perlengkapan yang penting untuk diperhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain, baju lari, celana, sepatu, kacamata, topi.

Pastikan agar kalian menggunakan pakaian yang rungan, menyerap keringat, dan mudah kering. Kamu juga harus memastikan telah menggunakan jenis sepatu yang dikhususkan untuk lari jarak jauh untuk meminimalisir risiko cedera.

Itulah tadi lima persiapan yang harus diperhatikan sebelum mengikuti ajang maraton. Jika tertarik dengan jenis olahraga yang satu ini, jangan lupa untuk selalu menjaga stamina sebelum memulainya ya!

Tag : #maraton    #lari jarak jauh    #olahraga    #persiapan maraton    #teknik maraton   

Baca Juga