Piala Presiden Esports 2022 (Foto: Instagram/@pialapresidenesports)

Piala Presiden Esports 2022 Segera Dimulai, Total Hadiah Rp 1,8 Miliar

Juni | Olahraga | 04-08-2022

PARBOABOA – Piala Presiden Esports (PPE) 2022 akan digelar dalam waktu dekat sebagai wujud pengembangan ekosistem dan industri esports nasional. Ajang ini akan digelar mulai 10 Agustus 2022.

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengatakan bahwa ini menjadi pergelaran keempat sejak diluncurkan pada tahun 2019.

"Piala Presiden Esports ini menjadi ajang keempat kita sejak perdana diselenggarakan pada 2019 lalu. Ini adalah upaya pembangunan esports, pembinaan talenta berjenjang sehingga dapat sukses di tingkat nasional dan global," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/8/2022).

Ia juga mengungkapkan bahwa konsistensi penyelenggaraan PPE ini menjadi pembuktian bahwa Indonesia memiliki potensi besar di cabang olahraga ini. Ia pun berharap agar Indonesia bisa mendominasi pentas esports dunia.

“Potensi Indonesia baik dari ekosistem, industri, maupun pemain sudah banyak dilirik pegiat esports baik di kawasan regional maupun internasional. Pemerintah mendukung penuh perhelatan Piala Presiden Esports 2022 yang akan segera bergulir, sebagai ajang mencari, mengasah, dan mendorong talenta lokal untuk bersaing di panggung dunia. Harapannya, Indonesia bisa mendominasi kancah esports dunia dengan segudang prestasi,” ungkapnya.

Untuk mewujudkannya, Moeldoko mengatakan penyelenggaraan ajang tersebut mengintegrasikan berbagai program serta pengembangan esports yang telah disusun oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) selaku induk cabang olahraga esports.

Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 menjelaskan, pembukaan ajang yang awalnya merupakan gagasan Presiden Jokowi ini ditargetkan akan diikuti lebih dari 150 ribu atlet.

Ada enam cabang game yang akan dipertandingkan, antara lain Lokapala, Mobile Legends, Battle of Satria Dewa, PUBG Mobile, Free Fire, dan satu game lokal dari sistem submission. Total hadiah yang tersedia mencapai Rp. 1,8 miliar.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan Piala Presiden Esports, kami semakin yakin bahwa dengan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders, Indonesia mampu menghelat turnamen esports bergengsi kelas dunia. PPE 2022 adalah persembahan esports untuk negeri, merayakan bagaimana bibit-bibit muda berkompetisi untuk jadi yang terbaik mengharumkan Tanah Air. Harapannya, Piala Presiden Esports 2022 memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda di kancah esports,” kata Rangga.

Perhelatan esports ini digelar ditengah maraknya protes perihal pemblokiran akses game online yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemblokiran itu dilakukan usai sejumlah situs belum mendaftarkan diri di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat.

Adapun sejumlah aplikasi yang telah diblokir sementara yakni Yahoo.com, Steam, Epic Games, Dota, Counter Strike, Paypal, dan Origin. Tapi belum lama ini Kemenkominfo membuka lagi akses terhadap Paypal.

Tag : #piala presiden esport    #esports    #olahraga    #mobile legends    #free fire    #PUBG Mobile    #Kemenkominfo   

Baca Juga