Pengembang game Pokemon Go, Niantic, bekerja sama dengan perusahaan pembayaran digital Fold untuk merilis pengalaman augmented reality (AR)

Pokemon Go dan Fold Hadirkan Metaverse, Bisa Main Game dan Dapat Bitcoin Gratis

Wanovy | Teknologi | 01-12-2021

Pengembang game Pokemon Go, Niantic, bekerja sama dengan perusahaan pembayaran digital Fold untuk merilis pengalaman augmented reality (AR), dimana pemain bisa mendapatkan Bitcoin di lingkungan virtual.

Pengalaman tersebut tersedia bagi pengguna aplikasi Fold untuk bermain dalam versi beta, dan memungkinkan mereka mendapatkan Bitcoin dan manfaat dalam aplikasi dengan menjelajahi lingkungan fisik mereka.

Bentuknya adalah game yang didukung dengan teknologi augmented reality (AR), di mana pemain bisa menggunakan kameranya untuk mengklaim hadiah berisi berbagai item di sekitar mereka.

Salah satu dari in-game item di dalam hadiah yang bakal muncul tiap 10 menit sekali ini adalah koin "Satoshi", yang satu kepingnya bernilai 0,00000001 Bitcoin.

Sebelumnya, aplikasi Fold memang bisa dipakai pengguna untuk mengumpulkan Bitcoin melalui pembelian gift card dan transaksi lainnya, atau mengumpulkan bonus harian yang bisa didapatkan via fitur Daily Spin.

Seperti yang dijelaskan oleh Fold di situsnya, untuk mengumpulkan Bitcoin dengan cara bermain game, pemain cukup meng-klik tombol "Play" yang ada di tampilan utama aplikasi Fold.

Kemudian, pemain bisa menggunakan kamera ponsel untuk masuk ke dunia virtual, alias “metaverse” dan mengumpulkan beragam barang di dalam game (in-game item) yang tersebar di sekitar mereka.

Game yang bisa mengumpulkan Bitcoin di dalam aplikasi Fold tersebut untuk saat ini masih tahap uji coba dalam versi beta dan hanya bisa diakses oleh segelintir pengguna.

Rencananya, game tersebut bakal bisa dimainkan seluruh pengguna aplikasi Fold pada 2022 mendatang, sebagaimana dikutip dari 91Mobiles, Selasa (30/11/2021).

Seperti diketahui, teknologi blockchain, Bitcoin, dan non-fungible token (NFT), belakangan memang semakin dilirik oleh para pengembang game.

Premisnya sepintas terdengar seperti mining, tapi yang dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone.

CEO Fold, Will Reeves, percaya bahwa ini bisa menjadi cara termudah bagi banyak orang untuk mendapatkan Bitcoin pertamanya.

“Siapapun bisa menggunakan aplikasi kami untuk mendapatkan Bitcoin dan hadiah-hadiah lain dengan menjelajahi dunia di sekitarnya. Bagi kami, sangatlah penting untuk memberikan kemudahan berpartisipasi dalam ekonomi Bitcoin bagi siapapun, terlepas dari latar belakang pendidikan atau pehamahan teknisnya,” terang Will seperti dikutip oleh VentureBeat.

Dalam sebuah posting blog, Will juga sempat menyinggung soal “bitcoin metaverse” dan bagaimana mereka tertarik dengan konsep real-world metaverse yang digagaskan oleh Niantic.

Apapun itu, yang pasti bentuk gamification semacam ini memang berpeluang untuk menggaet partisipasi dari banyak orang sekaligus.

Tak hanya Niantic, pengembang game kenamaan seperti Ubisoft, Electronic Arts (EA), Square Enix, hingga Sega juga sempat mengatakan bahwa berbagai teknologi blockchain bakal menjadi hal yang diminati di industri game di masa depan.

Tag : #pokemon go    #fold    #bitcoin    #metaverse    #NFT    #niantic   

Baca Juga