Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, memimpin apel OPS Keselamatan Toba 2022

Polres Asahan Gelar Operasi Keselamatan Toba 2022

Sarah | Daerah | 01-03-2022

PARBOABOA, Asahan - Polres Asahan gelar Operasi Keselamatan Toba selama 14 hari kedepan di sepanjang Lintas Sumatera, Kabupaten Asahan, Selasa (1/3/2022).

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan bagi masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasaran dalam operasi ini adalah pengguna jalan, angkutan umum maupun pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan dan lainnya," jelas Yudha, Selasa (1/3/2022).

Yudha mengatakan, operasi ini tidak akan menyentuh surat-surat kendaraan. Namun, petugas akan tetap menindaklanjuti masyarakat yang melakukan kesalahan dalam berkendara.

"Kami melibatkan setidaknya 76 orang personel dalam operasi ini, dengan sasaran pengendara motor yang melanggar kasat mata," katanya.

Adapun pelanggaran yang dimaksud yakni, bermain handphone saat berkendara, pengendara masih dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan Helm, mengemudi dalam pengaruh alkohol, pengemudi melawan arus, tidak menggunakan safety belt saat berkendara, dan kendaraan pembawa barang kelebihan muatan.

"Sehingga diharapkan seluruh masyarakat dapat melengkapi sebelum melakukan perjalanan," kata Yudha.

Selain itu, Yudha menghimbau kepada petugas agar memahami terlebih dahulu sebelum bertindak guna menghindari adanya perdebatan dengan masyarakat.

"Agar menghindari adanya perdebatan, diharapkan petugas memahami terlebih dahulu sebelum bertindak. Karena kita tidak mau adanya perselisihan dengan masyarakat," katanya.

Harapannya, petugas dapat melakukan penindakan dengan cara humanis dan mengedepankan rasa saling menghormati sesama.

Tag : #operasi keselamatan toba    #polres asahan    #kapolres asahan    #berita sumut   

Baca Juga