Presiden Joko Widodo pimpin uacara perigatan HUT TNI ke-76

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara HUT TNI ke-76 di Istana Merdeka

rini | Nasional | 05-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/2021). Pelaksanaan upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan digelar secara terbatas. Jokowi bertindak sebagai ispektur upacara.

Upacara diawali dengan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Sama seperti tahun sebelumnya, perayaan HUT TNI kali ini juga tak dihadiri oleh masyarakat umum karena Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Dalam pidatonya, Jokowi berbicara mengenai penanganan COVID-19 yang di ibaratkan sebagai perang berlarut-larut.

"Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi COVID-19. Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran mental dan semangat juang, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

Namun demikian kata Jokowi, keberhasilan bangsa Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19 tak terlepas dari peran besar TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan.

Lebih lanjut Jokowi meminta agar TNI selalu siap dalam menghadapi ancaman yang datang dari pihak manapun, baik yang terjadi laut, darat, maupun udara Indonesia dengan memanfaatkan teknoligi militer terbaru.

"Kesigapan TNI ini juga saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam," ucap dia

Jokowi berharap TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI, yang selalu melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

"Sekali lagi selamat HUT 76 TNI, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI bersatu berjuang kita pasti menang," katanya.

Dalam upacara hadir pula Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Tag : #nasional    #hut tni    #presiden jokowi    #dirgahayu tni    #inspektur upacara   

Baca Juga