Presiden Jokowi Jadi Saksi Pemecahan Rekor Pagelaran Angklung Terbesar di Dunia

Indonesia pecahkan rekor Guinness World of Record untuk pergelaran angklung terbesar di dunia. (Foto: Foto: BPMI Setpres/Rusman)

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin hadir dan menjadi saksi mata pemecahan rekor Guinness World of Record untuk pergelaran angklung terbesar di dunia. 

Upaya pemecahan rekor digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (5/8/2023). Lebih 15.000an orang memainkan angklung dalam upaya pemecahan rekor tersebut, termasuk Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin. 

Para peserta terdiri atas anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Dalam pagelaran pemecahan rekor itu, para peserta memainkan dua lagu. Pertama yakni lagu nasional 'Berkibarlah Benderaku. Kedua yakni lagu perdamaian dunia 'The Wind of Change'.

Setiap instrumen hanya menghasilkan satu nada, sehingga setiap peserta menggoyangkan instrumennya pada isyarat tangan yang diberikan oleh konduktor di layar raksasa.

Ketua Panitia Pergelaran Angklung, Ibu Tri Tito Karnavian dalam laporannya mengatakan, pagelaran ini merupakan prakarsa Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Total ada 15.240 orang peserta siap memecahkan rekor pergelaran angklung terbesar di dunia.  

Upaya pemecahan rekor tersebut telah direncanakan sejak tahun lalu. Untuk mempersiapkan pergelaran akbar tersebut, para peserta juga telah berlatih selama tiga bulan.

Dia menegaskan, pemecahan rekor ini akan dipersembahkan sebagai hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.

Penilai resmi Guinness World of Record, Sonia Usirogochi, dalam pengumuman hasil mengonfirmasi, pemecahan rekor tersebut berhasil dilakukan. Jumlah peserta yang tercatat mencapai 15.110 orang.

Sebelumnya, rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar tercipta di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011. Ada 5.182 peserta yang terlibat saat itu.

Sebagai informasi, per bulan lalu, Indonesia telah memiliki 124 Guinness World Record. Jakarta sendiri menyabet 13 rekor.

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik dari bambu ini merupakan kekayaan Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda sejak 2010.

Dengan adanya upaya pemecahan rekor tersebut, diharapkan dapat membuat angklung terus bangkit, makin dicintai semua generasi, dan bergaung tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS