Profil dan Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Foto: Instagram/@novarianto30)

PARBOABOA – Timnas Indonesia akan melawan Kamboja pada matchday kedua Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember 2022. Laga antara Indonesia ini akan dimainkan mulai pukul 16.30 sore WIB.

Timnas Indonesia akan kembali mencoba peruntungan di Piala AFF 2022. Sejak dimulai pertama kali pada tahun 1996, Skuad Garuda belum pernah merasakan gelar juara.

Ya, Timnas Indonesia hanya menjadi spesialis runner-up dalam turnamen tingkat Asia Tenggara itu. Perjuangan mereka selalu kandas setelah enam kali menembus final. Termasuk pada ajang Piala AFF edisi 2020 lalu.

Akan tetapi, setelah tampil impresif di Piala AFF tahun lalu, Timnas Indonesia layak diunggulkan. Skuad Garuda berpeluang besar untuk menjadi pemenang dan mengakhiri 'kutukan' sebagai spesialis runne-up di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia punya skuad yang cukup mentereng untuk diandalkan dalam turnamen dua tahunan itu. Mayoritas dari mereka juga bagian dari pasukan di Piala AFF 2020. Ada banyak pemain yang bermain di luar negeri.

Selain itu, tim racikan Shin Tae-yong juga mendapat tambahan kekuatan dari pemain naturalisasi. Jordi Amat dipastikan masuk skuad Timnas Indonesia. Sedangkan, Sandy Walsh dan Elkan Baggott harus absen.

Pemain Kunci: Witan Sulaeman

Timnas Indonesia sebenarnya dihuni banyak pemain berkualitas untuk Piala AFF 2022. Akan tetapi, Skuad Garuda bisa menaruh harapan besar kepada Witan Sulaeman.

Pada ajang Piala AFF 2020, sosok Witan Sulaeman memberikan pengaruh yang cukup besar. Dia mampu menyumbang 2 gol dan 5 assist hingga babak final.

Performa Witan Sulaeman juga semakin matang setelah dalam beberapa tahun terakhir berkarier di Eropa. Dia bahkan menjadi andalan AS Trencin di Liga Slovakia.

Sejauh ini, Witan Sulaeman telah mencatatkan 20 caps bersama Timnas Indonesia. Dia juga menyumbang 6 gol dan 7 assist di berbagai ajang.

Profil Pelatih: Shin Tae-yong

Berbicara kualitas, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak perlu diragukan. Juru taktik asal Korea Selatan itu punya pengalaman di turnamen bergengsi.

Shin Tae-yong pernah menakhodai Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Di fase grup, ia bersama timnya bisa mengalahkan Jerman yang berstatus unggulan.

Berkat tangan dingin Shin Tae-yong, Timnas Indonesia juga mulai menunjukkan kelasnya. Skuad Garuda mampu bersaing hingga ke level Asia.

Pada Piala AFF 2020, Shin Tae-yong juga mampu mengantarkan Timnas Indonesia hingga babak final. Padahal, itu merupakan kesempatan pertamanya mendampingi tim dalam kejuaraan tersebut.

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

  • Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna
  • Bek: Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Edo Febriansyah
  • Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani
  • Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

  • 19.30 WIB: Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

  • 17.00 WIB: Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

  • 19.30 WIB: Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

  • 19.30 WIB: Filipina Vs Timnas Indonesia
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS