Intel

Prosesor Intel Generasi 12 Resmi Dirilis, Ini Keunggulannya

Wanovy | Teknologi | 26-05-2022

PARBOABOA - Intel akhirnya secara resmi meluncurkan prosesor Intel Core generasi ke-12 Alder Lake dan juga turut memperkenalkan Intel Evo di Indonesia.

Prosesor ini terdiri dari empat seri berbeda yaitu U-Series, P-Series, H-Series, dan HX-Series yang berbasis teknologi proses Intel 7 serta menggunakan Performance Hybrid Architecture.

Saat ini terdapat 30 produk laptop yang menggunakan mesin berbasis prosesor 12th Gen Intel® Core™, mulai dari laptop ultra tipis hingga laptop berperforma tinggi.

"Kami sangat antusias dengan peluncuran prosesor 12th Gen Intel Core terbaru di Indonesia dan bergabungnya para mitra OEM (Original Equipment Manufacture) kami untuk menampilkan jajaran laptop yang ditenagai oleh prosesor baru itu," ujar Cekiel Danielson, Director of Consumer Sales Intel Corporation Asia dalam sebuah keterangan, Rabu (25/5).

Intel mengklaim prosesor 12th Gen Alder Lake ini akan hadir di bulan Maret mendatang di lebih dari 250 laptop berbagai merek.

Serupa dengan versi desktop, prosesor mobile tersebut hadir dengan arsitektur hybrid kombinasi P-cores dan E-cores.

Apabila di prosesor Intel Generasi ke-11 hadir dengan spesifikasi 4-core/8-threads di varian tertinggi kini di Intel Generasi ke-12 prosesor mobile ini menyajikan 14-core/20-threads. Di integrated GPU (iGPU) sudah menggunakan Intel Iris Xe.

Fitur lain yang tidak ketinggalan ada dukungan DDR5 atau LPDDR5 serta Thunderbolt 4 untuk transfer data dan menyajikan performa semakin kencang. Laptop dengan prosesor ini juga dipastikan mendukung Intel WiFi 6E.

Melihat segmentasinya, jajaran prosesor Intel untuk laptop tipis dan ringan dibagi menjadi tiga kategori yang juga dilihat dari daya konsumsinya.

Prosesor Intel P-series (28W) yang ditujukan untuk laptop tipis dan ringan yang menjanjikan performa lebih.

"Dari laptop ultra-tipis sampai laptop berperforma tinggi untuk para enthusiast, dalam desain yang ramping, sehingga menghadirkan performa terdepan dan teknologi termutakhir bagi kalangan konsumen dan bisnis," lanjutnya.

Dari 30 jenis laptop yang sudah tersedia di pasar Indonesia, 13 di antaranya sudah tersertifikasi Intel EVO dan memiliki beberapa kelebihan seperti pengalaman konferensi video yang unggul, tingkat respons yang cepat, instant wake, daya tahan baterai yang lama, dan kemampuan fast charging.

Sementara itu, prosesor Intel generasi 12 adalah prosesor pertama berbasis teknologi proses Intel 7.

Prosesor ini dibuat menggunakan performance hybrid architecture terbaru untuk menghasilkan peningkatan performa yang besar guna menangani berbagai beban kerja PC.

Ditujukan untuk laptop dengan desain tipis dan hemat daya, Intel Core U-Series mempunyai tingkat konsumsi daya dasar yang rendah dari 9 hingga 15W.

Hal ini menjadikan laptop yang menggunakan prosesor ini tetap memiliki kinerja yang optimal walaupun dalam ukuran yang tipis.

Sementara Intel Core P-Series memiliki tingkat konsumsi daya dasar mulai dari 28W sehingga dirancang untuk laptop tipis dan ringan yang memiliki performa tinggi. Kedua seri prosesor ini sudah didukung hingga 14 core dan 20 thread.

Untuk laptop gaming, Intel menghadirkan Intel Core H-Series dengan tingkat konsumsi daya dasar 45W.

Prosesor seri ini menggabungkan P-Cores dan E-Cores dengan prioritas beban kerja secara cerdas dan distribusi manajemen melalui Intel Thread Director sehingga laptop mampu menjalankan game berat sekalipun dengan lancar

Adapun prosesor dengan performa tingkat lanjut hadir pada Intel Core HX-Series yang memiliki 16 core (8 P-Cores + 8 E-Cores) dengan 24 thread yang bekerja menggunakan tingkat konsumsi daya dasar 55W.

Sehingga dapat dimanfaatkan untuk laptop workstation dan profesional seperti untuk membuat video berat maupun merender pemodelan 3 Dimensi, seperti animasi, CAD, efek visual, dan lainnya.

Walaupun empat seri prosesor Intel Core generasi ke-12 mobile ini memiliki fitur dan performa yang berbeda-beda, namun semuanya dilengkapi dengan beragam fitur andalan yang berguna bagi kenyamanan penggunaan dan peningkatan performa, seperti dukungan RAM DDR4, LPDDR4, DDR5, LPDDR5, konektivitas Intel Wi-Fi 6E (Gig+), teknologi Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer hingga 40 Gbps, dan lainnya.

Menariknya, prosesor terbaru ini akan muncul di 30 laptop baru dari 6 merek perusahaan teknologi, seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan MSI.

Dikabarkan beberapa laptop yang menggunakan Intel Core generasi ke-12 ini sudah tersedia di Indonesia mulai tanggal 25 Mei 2022 melalui toko resmi, e-commerce, dan mitra dari Intel.

Tag : #intel    #intel gen 12    #os    #teknologi    #prosesor   

Baca Juga