Ketua DPR-RI, Puan Maharani

Puan Maharani Minta Pemerintah Bangun RS Lapangan, Dan Aktifkan Kapal RS TNI

maraden | Hukum | 07-07-2021

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pemerintah harus melakukan terobosan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Kata Puan, harus ada langkah konkret untuk memastikan masyarakat yang terkena corona mendapat perawatan yang memadai.

“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, karena penderita yang bergejala sedang dan berat tidak tertampung lagi karena rumah sakit penuh,” kata Puan, melalui pernyataannya, Rabu (7/7/2021).

Dalam kesempatan itu Puan juga mengatakan pemerintah dapat menambah kapasitas RS dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

 “Kapal rumah sakit TNI AL, atau kapal-kapal Pelni yang bisa dimodifikasi menjadi rumah sakit darurat,” ujar Puan.

“Rumah Sakit lapangan Dibangun, gedung-gedung milik pemerintah bisa dialihfungsikan menjadi Faskes” lanjutnya.

Berdasarkan evaluasi, kata Puan, penanganan pandemi Covid-19 memiliki sejumlah koreksi yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi.  Hal itu meliputi ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, penegakan aturan, komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham akan bahaya virus Corona.

“Harus ada cara untuk mendapatkan solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia. Menambah kapasitas fasilitas kesehatan dengat menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya,” ucap politikus PDIP tersebut.

Puan  memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang bekerja dalammenyukseskan PPKM Darurat demi menekan penyebaran Covid-19.

"Terima kasih kepada seluruh nakes, TNI-Polri, masyarakat dan semua stake holder yang sudah bekerja keras dan turut membantu keberhasilan pelaksanaan PPKM Darurat," pungkasnya.

Tag : hukum,metropolitan,nasional,kesehatan

Berita Terkait