Puluhan pelajar melarikan diri dari kejaran petugas Dinas Pendidikan Pematangsiantar (Dok. Tribun Medan)

Terciduk Sedang Main Billiard, Puluhan Pelajar Berhamburan Dari Lantai III Pasar Horas

Juni | Daerah | 19-07-2022

PARBOABOA, Pematagsiantar - Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar melakukan penggerebekan terhadap sejumlah pelajar yang membolos dari sekolah dan bermain billiard di Lantai 3 Gedung II Pasar Horas Pematangsiantar, Selasa (19/7/2022).

Saat didatangi petugas, para pelajar berhamburan meninggalkan lokasi permainan billiard. Hanya ada dua pelajar yang dapat diamankan petugas, masing-masing pelajar SMP dan SMA.

Ketua Tim Patroli Sekolah Dinas Pendidikan Siantar, Abdul Rasyid menerangkan bahwa pihaknya datang ke Pasar Horas atas laporan masyarakat, bahwa disana marak anak sekolah membolos dan bermain billiard.

Kita melakukan razia di Pasar Horas di lantai III tepatnya permainan billiard. Di sini kita temukan tadi banyak sekali anak sekolah, di jam sekolah, bermain billiard sehingga kita lakukan nanti pembinaan. Tentunya ini juga kita bekerjasama dengan Tim Keamanan Pasar Horas dan Masyarakat. Kami ucapkan terima kasih,” ucap Rasyid.

Rasyid juga menyampaikan tentang pentingnya peran seluruh lapisan masyarakat maupun instansi agar bisa mendukung program Kota Siantar sebagai Kota Pendidikan.

Sementara itu, kepada dua pelajar laki-laki yang ditangkap Dinas Pendidikan Siantar, akan dilakukan pendataan, pemanggilan kepala sekolah dan orangtua untuk mendapatkan pembinaan ataupun peringatan agar tak mengulangi perbuatannya kembali.

“Ya mereka lari, dan hanya dua yang ditangkap. Keduanya ini akan kita proses dan kita akan kembangkan. Kita akan data dulu, kita panggil kepala sekolah kemudian orangtuanya dan kita akan berikan peringatan berjenjang 1,2, dan 3,” ucap Rasyid.

“Kita setiap hari melakukan patroli dengan target tempat tempat yang ramai dikunjungi pelajar. Kita meminta partisipasi masyarakat terhadap dunia pendidikan lebih maksimal,” tambah Rasyid.

Salah satu pegawai PD Pasar Horas Jaya, menyampaikan bahwa keberadaan para pelajar di Pasar Horas ini sangat meresahkan para pedagang. Tak hanya pelajar laki-laki, beberapa di antaranya adalah pelajar perempuan.

“Sudah sering kami bilangi ke yang perempuan ini, ‘dek jangan pakai rok pendek. Jaga kehormatanmu. Nggak perlu ke sini pacar-pacaran. Sekolah kau yang betul biar jadi orang,” ungkap pegawai Pasar Horas yang mengaku sering menasihati siswi yang datang kesana.

Tag : #dinas pendidikan    #pelajar    #daerah    #billiard    #pasar horas    #pematangsiantar    #berita sumut   

Baca Juga