Anthony Sinisuka Ginting di Indonesia Masters 2022 (dok KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Rekap Lengkap Hari Kedua Indonesia Masters: Jojo Tumbang, Ginting dan 7 Wakil Lainnya Amankan Tiket 16 Besar

Rini | Olahraga | 08-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Hari kedua pelaksanaan Indonesia Masters 2022 telah selesai digelar di Istora Senayan pada Rabu (8/6).

Sebanyak 16 orang wakil Indonesia telah berjuang untuk mengamankan tiket menuju babak 16 besar. Namun lawan berat menanti para atlet tanah air, termasuk juga 1 derbi Indonesia.

Langkah pertama wakil Indonesia di babak 32 besar ini diwakili oleh pasangan ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine, berduel dengan ganda China, Du Yue/Li Wen Mei.

Namun Isyana/Rinjani harus menyudahi perjuangan, karena mereka takluk dua babak langsung dengan skor 8-21, 8-21.

Pertandingan kedua juga berlanjut di tangan ganda putri, Arlya Nabila Thesa Munggaran/Agnia Sri Rahayu. Berhadapan dengan wakil Malaysia, Low Yeen Yuan/Valeree Siow, Arlya/Agnia berhasil mengamankan tiket babak 16 besar, setelah menang dengan skor 21-18 dan 21-16.

Pada pertandingan ketiga, derbi pertama wakil Indonesia berlangsung dengan mempertemukan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani dengan Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana.

Pertandingan sedarah ini ditutup dengan kemenangan Anisanaya/Zahra setelah berjuang hingga rubber game dengan skor 21-14, 18-21, dan 21-15.

Dengan demikian, sejauh ini 2 wakil Indonesia sudah mengantongi dua tiket babak 16 besar, meskipun 2 wakil lainnya gugur.

Pertandingan kembali berlanjut. Wakil tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo meladeni wakil India, Sameer Verma. Tak mendapat perlawanan berarti, Chico mengemas kemenangan dengan skor 21-17 dan 21-15.

Setelahnya Tommy Sugiarto turun di pertandingan kelima. Berduel dengan wakil Hong kong, Lee Cheuk Yiu, Tommy takluk setelah rubber game dengan skor 21-17, 9-21, dan 17-21.

Berlanjut di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung berhasil menghadang wakil Thailand, Phittayaporn Chaiwan, dengan skor 21-14 dan 21-15.

Kemenangan juga didapat pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Meski harus bersusah-susah, Praveen/Melati berhasil menang dari wakil India, Ishaan Bhatnagar/Tanisha Crasto, dengan skor 21-14, 16-21, dan 21-12.

Terus berlanjut, pertandingan selanjutnya mempertemukan Putri Kusuma Wardani dengan He Bing Jiao, wakil China. Sayangnya Putri takluk di tangan lawan dengan skor 16-21, dan 14-21.

Setelah kekalahan Putri KW, Jonathan Christie yang merupakan tunggal putra Indonesia, juga harus menghentikan perjuangan setelah dikalahkan wakil China, Zhao Jun Peng. Berjuang hingga rubber game, Jonathan kalah dengan skor 21-10, 14-21, dan 11-21.

Perjuangan berlanjut di tangan pasangan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Menghadapi pasangan asal Skotlandia, Adam Hall/Julie Macpherson, Rehan/Lisa mengemas kemenangan dengan skor  21-11 dan 22-20.

Anthony Sinisuka Ginting yang bertanding hari ini, berhasil melangkah ke babak selanjutnya meskipun mendapat perlawanan sengit dari Kunlavut Vitidsarn wakil Thailand. Ginting berhasil menang dramatis dengan skor akhir 16-21, 21-16, 21-18.

Sayangnya Shesar Hiren Rustavito tak berhasil menyusul langkah Ginting ke babak selanjtnya. Wakil tunggal putra ini kandas ditangan andalan Denmark, Viktor Axelsen dengan skor 14-21 dan 7-21.

Beruntung pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil unggul atas pasangan Malaysia, Chen Tang Jie/Valeree Siow di babak 32 besar ini. Rinov/Pitha menang dengan skor 21-17, 21-7 atas Chen Tan Jie/Valeree Siow.

Namun pasangan ganda campuran lainnya, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, terpakasa menyerah saat berhadapan dengan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. Pasalnya, Mychelle mengalami cedera pada pertandingan ini.

Sedangkan Ruselli Hartawan harus angkat koper dari turnamen ini setelah dikalahkan wakil andalan Thailand, Ratchanok Intanon. Ruselli kalah telak dengan skor 13-21 dan 16-21.

Kekalahan Ruselli ini, membuat wakil tunggal putri di ajang ini hanya tersisa Gregoria Mariska Tunjung.

Dengan demikian, maka ada 8 wakil Indonesia yang berhasil melangkah ke babak 16 besar dari pertandingan hari ini. Sehingga jika ditotal dengan wakil Indonesia yang sudah lolos dari pertandingan hari pertama, maka Indonesia ada 18 wakil Indonesia yang akan kembali bertanding besok.

Tag : #indonesia masters 2022    #bulu tangkis    #olahraga    #babak 32 besar    #jonathan christie    #anthony ginting   

Baca Juga