Samsung Galaxy M52 5G

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Pertama yang Sudah 5G

Wanovy | Teknologi | 26-10-2021

Pada bulan Oktober 2021 Samsung kembali memperkenalkan Samsung M52 5G dengan spesifikasi yang menarik. Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M dengan dukungan 5G pertama dari Samsung yang dibawa ke Indonesia.

Berbeda dengan seri A, Galaxy seri M dulunya memiliki 2 ciri khas. Pertama, baterai besar yang ditonjolkan bisa tahan seharian. Kedua, pemasarannya terbatas secara online saja (di marketplace atau situs resmi Samsung).

Smartphone yang dibandling dengan harga mid range ini memiliki banyak kelebihan. Namun yang paling mencolok adalah ciri khas ponsel seri M milik samsung yang masih di pertahankan.

Baterai besar dengan layar lebar masih Samsung pertahankan seperti halnya seri Samsung M lainnya. Namun imbuhan koneksi internet 5G membuat ponsel ini serasa semakin siap dibandingkan rivalnya.

Sebagai smartphone kelas menengah, Galaxy M52 5G dijual dengan harga normal Rp 5,4 juta. Selama periode flash sale hingga 31 Oktober 2021, Samsung membanderol Galaxy M52 5G dengan harga khusus yakni Rp 5 juta.

Galaxy M52 5G merupakan penerus dari Galaxy M51 yang dirilis tahun lalu. Ada spesifikasi yang dipangkas dari Galaxy M51, namun, ada juga yang ditingkatkan. Contohnya adalah kapasitas baterai.

Galaxy M51 dibekali baterai 7.000 mAh, sementara di Galaxy M51 5G, kapasitas baterai tersebut dipangkas menjadi 5.000 mAh. Meski berkurang, kapasitas baterai tersebut masih tergolong besar untuk sebuah ponsel.

Dilihat dari kotak dan isi boksnya, memang Galaxy M52 5G ini sangat sederhana. Boksnya tidak premium. Isi di dalamnya hanya ada charger, kabel, dan buku panduan.

Tidak ada earphone dan softcase di dalam kotak kemasan. Bahkan, tidak ada screen protector juga di layarnya. Jadi, pastikan jika Anda memesan Galaxy M52 5G untuk membeli terlebih dulu pelindung layar layar dan case gara ponsel terlindungi.

Charger yang dibawa di dalam kotak, memiliki keluaran daya 15W, meski Galaxy M52 5G sejatinya sudah mendukung fast charging hingga 25 W.

Perlu dicatat bahwa Samsung Galaxy M52 5G juga tidak memiliki jack audio 3,5 mm. Pengguna wajib memerhatikan hal ini jika ingin membeli earphone secara terpisah.

Pemandangan menarik nampak pada bagian warnanya yang mana akan hadir dengan tiga pilihan warna Icy Blue, Blazing Black, White.

Desainnya kekinian dengan konsep yang memanjang serta hadir dengan layar dengan punch hole. Kesan pertama jelas terlihat premium dan mungkin akan cukup jauh dengan HP seri Samsung M lainnya.

Sebanding dengan Harga Samsung M52 5G yang tidak murah, smartphone ini sudah hadir dengan panel super AMOLED. Dimana dengan panel tersebut layarnya akan sangat bagus dalam menampilkan warna.

Layar tersebut sendiri bakalan hadir dengan dimensi 6,7 inchi yang mana memiliki resolusi Full HD plus 1080 x 2400 pixels. Dengan kata lain layarnya akan sangat menarik dan mendukung berbagai konten multimedia yang bagus.

Tak sampai disitu, Samsung juga bakalan membekali layarnya dengan refrash rate 120Hz. Jadi layar Samsung memang sudah siap memanjakan penggunannya baik untuk nonton video maupun bermain game sekalipun.

Mengacu pada halaman GSM Arena, Galaxy M52 5G memiliki berat sekitar 173 gram dengan dimensi fisik 164,2 x 76,4 x 7,4 mm. Bobot tersebut memang lebih enteng ketimbang ponsel sekelasnya.

Bobot ringan inilah yang membuat Galaxy M52 5G nyaman ketika digenggam dan dibawa di dalam saku. Meski demikian, pengguna wajib hati-hati saat menggenggam Galaxy M52 5G. Pasalnya, bagian belakang ponsel terasa cukup licin, apalagi, saat tangan mulai berkeringat.

Sedangkan untuk chipset-nya sendiri Samsung mengusung chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G. Chipset dengan fabrikasi 8 Nm tersebut memiliki perfoma yang ngacir siap melibas game berat sekalipun.

Perfomannya bakalan semakin maksimal lagi dengan hadirnya CPU berkecepatan tinggi Octa-core. Sedangkan untuk perfoma grafisnya akan di dukung oleh GPU Adreno 642L yang berkelas.

Perfoma dapur pacunya jelas akan semakin mempuni dengan hadirnya RAM besar pada ponsel ini. Dimana untuk RAM nya sendiri bakalan ada RAM 6GB dan juga 8GB yang mana bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Samsung juga akan mengimbanginya dengan hadirnya memori internal dengan kapasitas 128GB. Dengan hadirnya slot MicroSD membuat memori internal ponsel ini masih bisa di ekspansi dengan microSD. Secara keseluruhan spesifikasi Samsung M52 pada bagian dapur pacu memang sangatlah mempuni.

Kelebihan Samsung M52 5G selanjutnya ada pada bagian kamera. Dimana ponsel ini bakalan hadir dengan kamera depan yang akan menggunakan lensa 32 MP wide.

Perfoma jepretan kameranya jelas akan sangat mempuni dengan beberapa mode fotografi yang di tawarkan. Untuk kamera depan ini juga sudah mampu merekam video dengan resolusi sampai dengan resolusi Full HD.

Sedangkan untuk kamera belakang sendiri juga terlihat cukup superior dengan spek yang mereka bawa. Dimana kamu bakalan menjumpai kamera belakang triple dengan susunan 64 Wide, 12 Ultrawide dan 5 MP.

Dimana untuk kemampuan jepretan kamera jelas akan sangat bagus dengan tiga kamera tersebut. Yang menariknya lagi kamera yang dibawa akan semakin bagus dengan fitur seperti LED flash, panorama, HDR dan PDAF.

Salah satu kekurangan Samsung M52 adalah harganya yang memang sudah berbeda jauh dengan seri M lainnya. Bahkan bisa di katakan sebagai smartphone Samsung Seri M paling mahal untuk saat ini adalah Samsung M52 di tahun ini.

Secara Keseluruhan jika menbandingkan antara Harga dan Spesifikasi, maka Samsung M52 merupakan ponsel yang menarik. Tak salah rasanya jika Anda memutuskan memilih ponsel ini dibandingkan rivalnya di kelas yang sama. Bisa di katakan Samsung M52 merupakan ponsel yang sangat lengkap di kelasnya untuk saat ini.

Tag : teknologi, gadget, samsung

Berita Terkait