Ilustrasi, foto: KnowTech

Wow, Sekarang Google Docs Bisa Dikomentari Pakai Emoji

Wanovy | Teknologi | 24-06-2022

PARBOABOA - Google Docs telah mendapatkan dukungan untuk fitur reaksi emoji. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk menanggapi teks dengan simbol sederhana dibandingkan harus menuliskan komentar panjang.

Melalui pengumumannya Google mengatakan fitur tersebut mendukung semua emoji yang tersedia dalam rilis terbaru yakni Emoji 14.0.

Versi tersebut sudah mencakup opsi netral gender dan simbol konyol seperti wajah meleleh dan bibir menggigit.

Dalam postingan gif yang dibagikan Google menunjukkan bagaimana fitur reaksi emoji akan muncul sebagai opsi ketiga di samping "Tambahkan Komentar" dan "Sarankan Pengeditan" saat pengguna menyorot teks.

Google juga mengadopsi fitur tersebut. Akan tetapi, fitur reactions di Google bukan hadir di aplikasi pesan instan.

Alih-alih, reactions hadir di Google Documents atau juga disebut Google Docs. Fitur reactions di Google Docs terbilang cukup baru.

Fitur ini dirilis bulan April lalu ke pengguna terbatas, namun kini telah disebar ke lebih banyak pengguna, termasuk di Indonesia.

Google Docs sendiri merupakan program berbasis cloud, yang dapat menyimpan dokumen secara otomatis di Google Drive.

Karena berbasis cloud, setiap pengguna yang mendapatkan akses ke dokumen tersebut dapat meninjau atau mengeditnya.

Fitur reaksi emoji dihadirkan ke Google Docs karena layanan tersebut sedang mengalami perombakan besar, dan berkembang dari pengolah kata, menjadi lebih dari sekadar alat kerja kolaborasi jarak jauh. Berikut cara menggunakan fitur reaksi emoji baru.

Cara memberi komentar menggunakan emoji reactions

- Buka dokumen di Google Docs Tekan dan tahan (hold) teks yang ingin Anda tanggapi. Dari sini, akan mucul tiga ikon pada sisi kanan lembar dokumen

- Klik ikon emoji untuk menambahkan emoji reactions. Seperti pada aplikasi lainnya, terdapat berbagai emoji termasuk emoji makanan hingga emoji kendaraan dan lainnya

- Pilih emoji yang Anda inginkan, atau cari secara manual jika Anda belum menemukan emoji yang cocok, menggunakan kata kunci terkait pada kolom pencarian yang tersedia. Misalnya saja ingin membubuhkan reactions senyum, cukup ketik kata kunci "smile" Emoji akan langsung tampil di kanan lembar dokumen, sebagaimana komentar dengan teks

- Pengguna juga bisa menghapus emoji reactions yang sudah ditambahkan dengan mengklik emoji terkait dua kali, atau melakukan tahapan sebelumnya untuk menambah emoji lain

Google mengatakan fitur ini akan diluncurkan ke pengguna secara bertahap selama beberapa minggu ke depan, tetapi semua pengguna pada akhirnya akan memiliki akses ke sana.

Fitur akan aktif secara default dan tidak dapat dinonaktifkan oleh pengguna menurut Google.

Untuk mengakses emoji ini di Docs, pengguna hanya perlu memilih kalimat atau bahkan paragraf yang ingin ditanggapi dan ikon emoji akan muncul dari menu pop-up di sisi kanan layar, seperti menambahkan komentar di Docs.

Emoji reactions sudah diluncurkan ke domain Rapid Release dan akan diluncurkan ke domain Scheduled Release mulai 20 April 2022.

Semua pengguna Google Workspace serta pengguna akun Google pribadi akan mendapatkan fitur emoji ini setelah resmi meluncur.

Tag : #google docs    #reaction    #apps    #teknologi    #google    #emoji   

Baca Juga