Internet Explorer akan ditutup

Selamat Tinggal, Internet Explorer Akan Dimatikan 15 Juni 2022

Wanovy | Teknologi | 21-03-2022

PARBOABOA - Microsoft kembali mengingatkan akan menutup salah satu peramban mereka, Internet Explorer, pada pertengahan tahun ini.

"Internet Explorer 11 akan pensiun dan tidak mendapat dukungan lagi pada 15 Juni 2022," kata Microsoft di laman bantuan, dikutip Senin (21/3/2022).

Sejak diluncurkan pada 1995, Internet Explorer terkini untuk Windows adalah versi 11. Aplikasi dan situs Internet Explorer 11 juga bisa dibuka di Microsoft Edge menggunakan mode Internet Explorer.

"Seperti yang diumumkan sebelumnya, masa depan Internet Explorer di Windows ada di Microsoft Edge. Mode Internet Explorer (mode IE) menyediakan dukungan browser lama dalam Microsoft Edge," tulis Microsoft dikutip dari Gizchina, Senin (21/3/2022).

Mode IE akan selalu tersedia dalam sementara waktu ini. Mode akan memberikan tampilan situs web internal yang bebas masalah dirancang untuk bekerja dengan Internet Explorer.

Mode tersebut terintegrasi dalam Microsoft Edge. Gizchina menuliskan mode IE dikembangkan dengan tujuan memperlancar transisi antar dua browser.

"Oleh karena itu aplikasi desktop Internet Explorer 11 (IE11) akan dihentikan 15 Juni 2022 untuk versi windows 10 tertentu. Ini artinya desktop IE11 tidak akan lagi didukung dan selanjutnya akan dialihkan ke Microsoft Edge jika seorang pengguna mencoba mengaksesnya," kata Microsoft.

Microsoft pertama kali mengumumkan jadwal pensiun Internet Explorer di Windows 10 dan Microsoft 365 pada Agustus 2020.

Sejak saat itu, mereka mulai menghentikan dukungan untuk Internet Explorer secara perlahan.

Setelah pengumuman pertama, Microsoft menghentikan dukungan Internet Explorer di Teams pada 30 November 2020, diikuti dengan dukungan di Microsoft 365 pada Agustus 2021.

Beberapa layanan eksternal juga menarik dukungannya untuk Internet Explorer. Seperti Google Search, Docs, Sheets, Slides, dan aplikasi Google Workspace lainnya yang menghentikan dukungannya sejak 2021.

Microsoft Edge yang menjadi penerus Internet Explorer kian populer di kalangan pengguna internet. Menurut data StatCounter, Microsoft Edge kini digunakan di 9,54% desktop di seluruh dunia, masih kalah dari Safari (9,84%) dan Google Chrome (65,38%).

Tag : #Internet Explorer    #microsoft    #teknologi    #edge    #ie   

Baca Juga