Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (Dok. pssi.org)

Lolos ke Piala Asia 2023, Shin Tae Yong Hentikan Kutukan 19 Tahun Timnas Indonesia

Michael | Sepakbola | 15-06-2022

PARBOABOA – Shin Tae Yong menghentikan kutukan 19 tahun pelatih Timnas Indonesia setelah berhasil membawa Skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Kemenangan atas Nepal 7-0 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6) dini hari WIB, memastikan langkah Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Indonesia lolos sebagai runner-up Grup A babak kualifikasi.

Ini adalah kali pertama dalam 15 tahun Timnas Indonesia memastikan langkah ke Piala Asia. Sebelumnya, kali terakhir Indonesia berlaga di turnamen terbesar di Asia itu terjadi pada 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Sukses Shin Tae Yong juga mengakhiri kutukan buruk 19 tahun pelatih gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia.

Shin Tae Yong menjadi pelatih pertama sejak Ivan Kolev pada 2003 yang mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia melalui jalur kualifikasi.

Kolev membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2004 lewat jalur kualifikasi pada Oktober 2003. Skuad Merah Putih lolos ke Piala Asia 2004 setelah finis kedua di klasemen Grup C babak kualifikasi menemani Arab Saudi. Saat itu Indonesia satu grup bersama Arab Saudi, Yaman, dan Bhutan.

Setelah Piala Asia 2004, belum pernah ada pelatih yang mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia lewat jalur babak kualifikasi. Timnas Indonesia yang juga dilatih kolev lolos ke edisi 2007 sebagai tuan rumah.

Pada Piala Asia 2011, Benny Dolo gagal membawa Timnas Indonesia ke putaran final setelah tersingkir di babak kualifikasi. Sementara di kualifikasi Piala Asia 2015, giliran duet pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago yang gagal.

Kini setelah 19 tahun sejak Kolev sukses pada 2003, Shin Tae Yong mengakhiri kutukan buruk itu setelah membawa Timans Indonesia ke Piala Asia 2023.

Shin Tae Yong membawa Timnas Indonesia mengalahkan Kuwait dalam persaingan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain itu Shin Tae Yong juga membawa Indonesia lolos di bawah bayang-bayang kabar akan diganti dari posisi pelatih kepala Timnas Senior. 
 

Tag : #shin tae yong    #timnas indonesia    #sepakbola    #piala asia 2023    #kualifikasi piala asia 2023   

Baca Juga