Tiang Listrik (Foto : AntaraSumut)

Sistem Kelistrikan Pasca Gempa di Taput Padam, PLN Sigap Lakukan Perbaikan

Mei | Daerah | 01-10-2022

PARBOABOA, Tapanuli Utara – PT PLN (Persero) bergerak cepat untuk menangangi listrik yang sempat padam akibat dampak dari gempa bumi berkekuatan 6,0 SR yang telah mengguncangkan Tapanuli Utara pada Sabu (01/10), pukul 02.28 WIB.

Untuk mempercepat proses pemulihan listrik, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga menurunkan puluhan anggota untuk melakukan perbaikan.

Saat dimintai keterangan, Manajer PLN UP3 Sibolga Darwin Simanjuntak mengatakan bahwa beberapa tiang listrik tumbah dan miring pasca gempa.

"Berdasarkan laporan tim lapangan, terdapat beberapa tiang listrik tegangan menegah yang tumbang dan miring serta trafo distribusi berubah posisi akibat kuatnya gempa. Saat ini kami berupaya melakukan perbaikan agar listrik dapat pulih sepenuhnya," ujar nya.

Ia juga menjelaskan, setidaknya ada 8 kecamatan yang terkena dampak gempa, yakni Kecamatan Tarutung, Kecamatan Silalas Barita, Kecamatan Sipaholon, Kecamatan Siborong-Borong, Kecamatan Pagaran, Kecamatan Sipahutar, Kecamatan Pangaribuan, dan Kecamatan Garoga.

Darwin juga menjelaskan dalam waktu 4 jam, pihak PLN sudah berhasil menangani 3 tiang listrik, 6 penyulang, serta sekitar , 170 gardu distribusi sudah menyala kembali dari total 536 gardu distribusi yang terdampak.

"Saat ini listrik untuk 65.096 pelanggan sudah kembali menyala dari total 82.9996 pelanggan terdampak," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha untuk mempercepat proses pemulihan listrik dititik yang terkena dampak, dengan mengutamakan keselamatan tentunya.

Tag : #PLN    #gempa    #daerah    #benca alam    #bencana gempa   

Baca Juga