Smartwatch Fossil Gen 6

Smartwatch Fossil Gen 6 Dirilis, Usung Snapdragon Wear 4100+

wanovy | Teknologi | 01-09-2021

Merek arloji mewah, Fossil meluncurkan produk jam tangan pintar (smartwatch) terbarunya, yaitu Fossil Gen 6. Smartwatch ini merupakan suksesor dari Fossil Gen 5 yang meluncur pada 2019 lalu.

Ada beberapa fitur unggulan dari Fossil Gen 6 dibandingkan pendahulunya, mulai dari chipset terbaru, sensor SpO2, hingga software Google Assistant bawaan.

Fossil Gen 6 tersedia dalam dua pilihan ukuran, yakni 44mm dan 42mm. Dari segi desain tidak banyak yang berubah dibanding pendahulunya, Gen 5. Kedua ukuran tersebut sama-sama menggunakan layar AMOLED 1,28 inci dengan resolusi 416 x 416 pixel.

Terdaoat tiga tombol fisik di sisi sebelah kanan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses beragam fitur.

Sementara di tengah, Fossil kembali memasang rotating crown untuk pengendalian. Yang menarik, jam tangan pintar ini memiliki mikrofon dan speaker agar pengguna bisa melakukan panggilan suara.

Perangkat ini ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 4100+ yang diklaim menawarkan 30 persen peningkatan performa dibandingkan pendahulunya. Chipset ini dipadankan dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB.

Chipset ini merupakan satu dari dua chip smartwatch yang diluncurkan Qualcomm tahun lalu. Artinya, Fossil Gen 6 juga menjadi smartwatch pertama yang menggunakan chipset ini.

Fossil mengatakan, chipset baru Snapdragon Wear 4100+ mampu meningkatkan performa kerja jam pintar Gen 6 terbarunya hingga 30 persen, jika dibandingkan dengan Gen 5.

Untuk urusan sistem operasi, Fossil masih mengandalkan Wear OS yang sayangnya belum versi terbaru. Meski begitu, Fossil menjanjikan akan ada update ke Wear OS 3 yang dijadwalkan baru tersedia tahun depan.

Dikutip dari Techradar, kedua model Fossil Gen 6 memiliki ketebalan 11,5 mm. Model 42 mm menggunakan strap 18 mm sedangkan 44 mm mempunyai strap 22 mm.

Salah satu nilai jual smartwatch ini ada pada fitur pengisian daya cepat. Perusahaan mengklaim bahwa Fossil Gen 6 dapat terisi dari 0 hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Fitur lainnya yang disematkan smartwatch mencakup sensor SpO2 (pengukuran saturasi oksigen dalam darah), aplikasi kesehatan, Google Assistant, Calendar Alerts, kontrol untuk smart home, sensor detak jantung, dan fitur ketahanan air 3 ATM.

Deretan pilihan konektivitas yang disediakan termasuk GPS, NFC SE, Bluetooth v5 dan dukungan Wi-Fi.

Smartwatch dengan dukungan Google Pay ini ditawarkan dalam beberapa pilihan warna, antara lain Smoke Stainless Steel, Brown Leather, Green Camo Grosgrain, dan Gold/Purple.

Untuk harganya, †Fossil Gen 6 dijual dengan harga mulai dari USD 299 atau sekitar Rp 4,3 juta untuk model 42 mm dan 319 USD atau sekitar Rp 4,6 juta untuk model 44 mm.

Kendati begitu, smartwatch ini masih tersedia terbatas di Amerika Serikat. Belum diketahui apakah Fossil Gen 6 akan dipasarkan secara global termasuk di Indonesia atau tidak.

Tag : #teknologi   

Baca Juga