Spotify akhirnya merilis fitur lirik lagu real-time ke semua pengguna baik premium maupun non premium ke semua pengguna, termasuk Indonesia.

Spotify Resmi Rilis Fitur Lirik Lagu Real-Time Secara Global

Wanovy | Teknologi | 22-11-2021

Spotify akhirnya menghadirkan lirik langsung ke platform streaming musik paling populer di dunia. Dengan kemitraan baru Spotify dengan Musixmatch, pendengar sekarang dapat mengikuti lirik lagu apa pun, saat diputar secara real time di layar.

"Spotify memberdayakan jutaan penggemar di seluruh dunia untuk bernyanyi lebih keras dan percaya diri dari sebelumnya dengan peluncuran Lyrics," kata Spotify dalam web resminya, dikutip Minggu (21/11/2021).

Dikutip dari GSM Arena, sebenarnya fitur lirik sudah tersedia di Spotify, namun hanya berlaku untuk beberapa negara.

Kini fitur tersebut sudah dapat diakses oleh semua pengguna mobile di 26 negara, termasuk Indonesia. Baik pengguna premium maupun non-premium bisa menikmati fitur ini.

Dengan fitur yang bisa dirasakan pengguna berbayar (premium) dan gratis tersebut, pengguna Spotify di seluruh dunia kini bisa berdendang sembari membaca lirik dari lagu yang sedang dimainkan.

Selain itu, fitur Lirik ini juga ditingkatkan karena sudah bisa dibagikan di media sosial. Selain membaca lirik lagu sembari bernyanyi, pengguna juga bisa membagikan (share) penggalan lirik lagu favorit mereka ke sejumlah media sosial yang didukung Spotify seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Bahkan, fitur ini sudah bisa dipakai di semua platform seperti iOS, Android, Windows, konsol game, hingga Smart TV yang menyediakan Spotify.

Fitur lirik lagu real time bisa ditemukan dengan mengetuk "Status Playing" yang ada di sisi bawah layar. Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan sepenggal lirik.

Untuk membuka teks lirik lagu secara penuh dan real-time, cukup ketuk “Lyrics Card”. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah untuk karaoke tanpa harus membuka situs lirik pihak ketiga.

Cara menemukan lirik di aplikasi Spotify versi desktop/laptop bisa dilakukan lewat klik ikon mikrofon di bar “Now Playing”.

Sementara cara menemukan lirik di Spotify versi Smart TV bisa dilakukan lewat klik “Now Playing View”, kemudian arahkan ke sudut kanan dan pilih opsi “Lyrics Button” untuk diaktifkan.

Ini merupakan berita bahagia bagi pecinta karaoke, yang sekarang dapat bernyanyi bersama untuk lagu apa saja, di mana saja, langsung dari daftar putar Spotify di ponsel mereka.

Basis data lirik Musixmatch pun berisi trek dengan lebih dari 8 juta lagu, yang seharusnya mencakup setiap lagu populer yang ada.

Tag : #spotify    #lirik lagu    #fitur baru    #lirik real time   

Baca Juga