parboaboa

Proyek Rp400 Juta Brojong dan Tembok Penahan Simalungun Masuk Tahap Pengecoran Parit

Putra Purba | Daerah | 07-03-2023

Saluran drainase pada pembangunan bronjong dan tembok penahan di Jalan Jon Horailam Saragih, Kelurahan Raya, Kecamatan Pematang Raya. (Foto: PARBOABOA/Putra)

PARBOABOA, Simalungun- Pemerintah Kabupaten Simalungun membangun brojong dan tembok penahan di Jalan Jon Horailam Saragih, Kelurahan Raya, Kecamatan Pematang Raya. Proyek berbiaya Rp400 juta dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2022 tersebut saat ini sudah masuk tahap pengecoran parit. 

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Rudy Erwandy Saragih mengatakan, pada prinsipnya pemulihan kondisi sudah selesai pada pembangunannya, targetnya saluran drainase (parit) rampung di minggu kedua Maret 2023.

"Minggu depan ditarget sudah berfungsi sebagaimana mestinya," katanya kepada Parboaboa, Selasa (07/03/2023).

Ia menjelaskan pembangunan saluran drainase ini tujuannya sebagai tempat mengarahkan air tadah hujan dari hulu (atas) tembok penahan, kemudian dialirkan ke sungai yang berada di hilir (bawahnya). 

Rudy menyebut, panjang saluran drainase yang dibangun sekitar 70 meter, dengan jumlah pekerja tujuh orang setiap hari. 

Ia menambahkan pembuatan saluran drainase tersebut menggunakan teknik konstruksi beton bertulang dengan beton ready mix. Sayang dia tidak bisa menyebut sudah seberapa besar progres pembangunannya.

"Mengingat belum ada kontrak yang ditangguhkan rekanan, kita belum dapat menentukan persentase pembangunan hingga kini," pungkasnya. 

Editor: RW

Tag: #bpbd simalungun    #tembok penahan    #daerah    #apbd 2022    #drainase    #berita sumut   

BACA JUGA

BERITA TERBARU