Tempe Mendoan, foto: wonosobozone

Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodle Hari Ini, Berikut Alasannya!

Wanovy | Teknologi | 29-10-2022

PARBOABOA - Saat Anda membuka laman Google hari ini, Sabtu (29/10), akan menjumpai sesuatu yang unik. Pasalnya, Google membuat gambar dengan tema tempe mendoan pada coretan Google Doodle hari ini.

Karya ini bertajuk ‘Merayakan Tempe Mendoan’. “Doodle hari ini merayakan Tempe dan diilustrasikan oleh artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia,” cuit Google Doodle melalui Twitter resminya.

Melalui doodle hari ini, Google juga menjelaskan ihwal manfaat tempe yang menjadi bahan dasar pembuatan mendoan ini.

“Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia,” sambung cuitan tersebut.

Dalam ilustrasi tersebut menampilkan berbagai bahan pembuatan tempe mendoan, seperti tempe, daun bawang, bawang putih, dan lain-lain.

Menariknya ilustrasi tersebut dilengkapi dengan pedagang tempe mendoan, dan seorang wanita yang memegang piring berisikan tempe mendoan.

Ada alasan mengapa Google memilih tempeh atau tempe mendoan di Google Doodle hari ini.

Menurut Google, protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi asal Indonesia yang usianya kini ditaksir telah mencapai 400 tahun.

Doodle menampilkan Tempe Mendoan, salah satu varietas Tempe goreng di Indonesia yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Tak benda pada hari ini di tahun 2021 lalu.

Tempeh atau tempe mendoan biasanya terbuat dari kedelai, tetapi dapat dibuat dari banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama.

Sedangkan mendoan adalah makanan tempe goreng yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah.

Kata Mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek.

Dengan demikian, tempe mendoan artinya kegiatan memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat, sehingga masakan tidak benar-benar matang.

Menurut keterangan di situs resmi Google, tempeh pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Untuk tempe mendoan sendiri mempunyai jenis tempe yang khusus, dengan ciri bentuk yang tipis.

Pengolahan tempe mendoan dapat dilakukan menjadi tiga macam, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering dan juga keripik mendoan.

Orang-orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak.

Jadi itulah alasan dibalik kenapa Google Doodle mengangkat tema tempe mendoan hari ini.

Tag : #google doodle    #mendoan    #teknologi    #internet    #google   

Baca Juga