Timnas sepakbola Indonesia (Dok: detik.com)

Timnas Indonesia Didesak Gabung EAFF, Ketua PSSI Beri Respons

Dimas | Olahraga | 21-07-2022

PARBOABOA, Jakarta – Para pecinta sepakbola Tanah Air (netizen) tampaknya masih terluka dengan kekalahan Timnas U-19 di ajang Piala Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) U-19 2022.

Akibatnya, netizen kini berbondong-bondong menyerbu akun instagram resmi Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), @eaff_official sejak Jumat (15/7/2022). Mereka meminta PSSI untuk mendorong Timnas meninggalkan AFF dan pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur atau East Asian Football Federation (EAFF).

Terkait desakan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan akhirnya buka suara. Ia mengatakan, PSSI telah menjalin komunikasi dengan EAFF.

“Iya, mereka sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen. Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu,” ujarnya di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/7).

Irawan pun menyebutkan bahwa untuk pindah federasi bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, PSSI harus melewati beberapa mekanisme baik secara internal maupun eksternal.

Oleh sebab itu, Irawan bersama pihaknya harus terlebih dahulu mendiskusikan hal tersebut secara organisasi, khususnya pada tingkat Komite Eksekutif (Exco).

“Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung-ruginya,” katanya.

Sebagai informasi, desakan yang dilontarkan kepada PSSI merupakan bentuk kekecewaan para netizen Indonesia terhadap AFF. Kekecewaan itu mengemuka karena respons lamban dari AFF terkait adanya dugaan kecurangan (sepakbola gajah) pada pertandingan Vietnam dan Thailand di fase grup Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu yang lalu.

Tag : #pssi    #timnas indonesia    #olahraga    #sepak bola    #aff    #eaff   

Baca Juga