Timnas Indonesia Menang 1-0 dari Timor Leste di Piala AFF U-23

Potret saat Indonesia melawan Timor Leste pada Minggu, 20 Agustus 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand. (Foto: PSSI)

PARBOABOA, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 meraih kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste di laga kedua fase Grup B Piala AFF U-23 pada Minggu, (20/8/2023) malam di Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia mampu menguasai permainan. Namun, hanya satu gol yang tercipta.

Gol tersebut datang dari sundulan Muhammad Ramadhan Sananta di menit ke-45 dengan memanfaatkan umpan silang Beckham Putra.

Pelatih, Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya senang dengan permainan Timnas U-23 karena telah berjuang secara maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Ramadhan Sananta mengatakan, banyak peluang yang tercipta dalam laga melawan Timor Leste, tapi hanya satu yang membuahkan gol.

Kendati demikian, ia tetap mensyukuri kemenangan ini dan menilai bahwa hal itu merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia sepakbola.

Sementara itu, dengan kemenangan tersebut, Indonesia sukses mengamankan tiga poin dan berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B.

Kini Timnas Indonesia hanya tinggal menunggu rampungnya babak fase Grup B guna memastikan apakah lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23.

Hal ini dilakukan karena kesempatan Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya adalah dengan menjadi runner-up terbaik.

Sebelumnya, dalam memulai turnamen Piala AFF U-23, Indonesia telah lebih dulu bertemu dengan Malaysia di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Jumat (18/8/2023) malam.

Dalam laga ini, meski tampil dominan dibabak pertama, tapi akhirnya Timnas Indonesia harus menelan pil pahit karena mengalami kekalahan tipis 1-2 dari Malaysia.

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Muhammad Ramadhan Sananta pada menit ke-28 melalui penguasaan bola umpan jauh yang diberikan Frengky Missa.

Atas kemenangan ini, Malaysia berhasil meraih tiga poin dan menempati puncak klasemen sementara Grup B.

Tidak Ada Target

Timnas Indonesia U-23 tidak dapat berpartisipasi dalam Piala AFF U-23 2022 di Kamboja karena dampak pandemi COVID-19.

Namun, mereka pernah berhasil meraih gelar juara dalam turnamen tersebut pada tahun 2019 yang juga diadakan di Kamboja.

Meskipun PSSI tidak mengumumkan target yang berlebihan untuk Timnas Indonesia U-23, tapi terlihat bahwa pelatih Shin Tae-yong mengambil pendekatan yang serius dalam memilih pemain-pemain yang akan mewakili negara.

Di mana, sejumlah pemain yang bergabung dalam skuad mayoritas merupakan alumni dari timnas U-22 yang berhasil meraih medali emas dalam SEA Games 2023 di Kamboja.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS