Ilustrasi

Tips Memblokir Pelacakan Aplikasi di iOS 14.5

Wanovy | Teknologi | 28-09-2021

Pembaruan iOS 14.5 telah tersedia untuk publik dengan sejumlah fitur baru, dan salah satu yang besar adalah aplikasi harus meminta izin sebelum mereka dapat melacak Anda.

Seiring dengan itu, Anda memiliki kontrol penuh untuk mengizinkan atau memblokir pelacakan aplikasi iPhone dengan iOS 14.5

Banyak aplikasi tidak hanya melacak pergerakan pengguna di dalam aplikasi, tapi juga melacak pergerakan di luar aplikasi. Artinya, bahkan setelah pengguna pergi meninggalkan aplikasi.

Lewat fitur ini, aplikasi tak lagi diizinkan untuk mengakses IDFA atau pengiklan di iPhone, iPad serta Apple TV tanpa izin tertulis dari pengguna. Dengan begitu, data aplikasi akan menjadi lebih pribadi. Pengembang aplikasi pun tak bisa memakai data pengguna untuk kebutuhan iklan.

Untuk iPhone yang menggunakan sebelum iOS 14.5, dapat mematikan pelacakan untuk semua aplikasi dengan membuka Pengaturan, pilih Privasi, ketuk Pelacakan dan mematikan “Izinkan Aplikasi untuk Meminta untuk Melacak”.

Dengan iOS 14.5, Apple akan memaksa app untuk mendapatkan persetujuan pengguna untuk menggunakan pelacak. Pengguna sekarang memiliki kontrol penuh dengan sistem operasi terbaru untuk sepenuhnya memblokir pelacakan aplikasi iPhone.

Cara Mengizinkan/Memblokir Pelacakan Aplikasi di iOS 14.5

  1. Buka Settings pada iPhone Anda.
  2. Scroll ke bagian bawah layar dan pilih “Privacy”
  3. Pilih “Tracking” yang terletak pada bagian atas
  4. Pengaturan default dapat mengizinkan aplikasi meminta izin untuk melacak Anda.
  5. Alihkan untuk memblokir semua aplikasi agar tidak dapat melacak Anda dan bahkan meminta untuk melacak. Pilih “Ask Apps to Stop Tracking” atau “Allow Apps to Continue Tracking” untuk semua yang telah Anda setujui.
  6. Jika/saat memberikan izin bagi aplikasi untuk melacak Anda, Anda dapat melihat daftar aplikasi tersebut pada Settings > Privacy > Tracking settings.

Anda dapat memblokir pelacakan kapan saja untuk masing-masing aplikasi dengan mengetuk tombol yang ada pada bagian samping.

Sebagai catatan, awalnya, fitur App Tracking Transparency tampaknya tidak berfungsi dengan baik bagi sebagian orang, fitur ini tidak merespons atau tombol di pelacakan menjadi abu-abu.

Tag : #teknologi    #software    #os    #ios    #tracking    #blokir    #pelacakan   

Baca Juga