Aliran modifikasi motor yang harus kamu ketahui (Parboaboa.com/Andre S)

12 Tren Modifikasi Motor Terbaik, yang Mana Sesuai Karaktermu?

Andre | Otomotif | 08-03-2022

PARBOABOA - Modifikasi motor adalah kegiatan yang menyenangkan dan menjadi hobi segelintir orang yang tidak suka akan tampilan standar. Bagi mereka, desain motor mewakili karakter pemiliknya.

Dunia otomotif tidak akan pernah habis pembahasannya. Tiap tahunnya akan selalu ada jenis motor terbaru dengan desain-desain yang cukup keren.

Akan tetapi, karena diproduksi secara massal, pada akhirnya desain-desain keren itu menjadi pasaran yang bisa dimiliki semua orang.

Tidak heran jika kemudian banyak orang yang pergi ke modifikator untuk merubah tampilan si “Kuda Besi” menjadi lebih unik dan berbeda.

Memodifikasi motor juga tidak dilakukan secara asal-asalan. Nah, bagi yang ingin merubah tampilan motornya, wajib untuk mengetahui apa saja aliran modifikasi sepeda motor yang populer, sehingga nantinya tinggal menyesuaikan mana yang nyaman di hati.

Berikut beberapa aliran modifikasi motor yang pernah muncul dan diterapkan oleh pecinta modif.

1. Vintage

Modifikasi Vintage (Pinterest)

Modifikasi motor yang satu ini mengusung konsep yang berusaha mempertahankan tampilan standar pabrik.

Untuk memodifikasi, motor yang digunakan biasanya merupakan motor keluaran lama yang sudah langka, seperti seri CB & GL Honda, Kz 200, Yamaha Scorpio, GPS Legend 150s dan masih banyak lainnya.

Modifikasi seperti ini memerlukan budget yang tak sedikit karena harga sparepart original yang dimiliki motor-motor tua tersebut sangat mahal dan sulit ditemukan di pasaran.

2. Klasik Retro

Klasik Retro (returnofthecaferacers.com)

Aliran modifikasi yang satu ini memiliki bentuk klasik namun tidak terlalu original, yang terpenting adalah bagaimana agar motor tidak terlihat modern.

Untuk perubahan, biasanya hanya menambahkan beberapa part modern seperti cakram yang lebar, velg lebar dan lainnya.

Jenis modifikasi seperti ini dikatakan tidak akan pernah tua, bahkan beberapa pabrik pembuat sepeda motor di Eropa sedang gencar-gencarnya memproduksi sepeda motor yang bergaya Klasik Retro ini.

3. Cafe Racer

Motor Cafe Racer (hiconsumption.com)

Modifikasi motor bergaya Cafe Racer ini cocok untuk kamu yang suka motor balap yamg dibalut dengan desain klasik. Motor jenis ini dulunya kerap digunakan balapan oleh kalangan muda di Inggris.

Aliran ini terlihat sangat menonjol di bagian stang, jok dan tangki. Buntutnya sekilas terlihat seperti sengat tawon, sementara model tangki motor dibuat memanjang agar sejajar dengan bagian ekor dengan tujuan menampilkan bodi yang minimalis.

Tampilan bodi seperti ini memang bertujuan untuk merasakan sensasi balap, bahkan dulunya model ini diketahui meniru visual dari motor balap Grand Prix era 60-an.

4. Chopper

Chopper (Pinterest)

Modifikasi Chopper adalah salah satu genre costum motor yang cukup ramai digandrungi kalangan pecinta motor Indonesia.

Dalam perubahan, model Chopper dapat menggunakan motor apa saja meskipun kapasitas mesinnya tidak besar.

Ciri khas dari modifikasi ini adalah bentuk fork depan yang panjang dengan posisi setang dan tangki yang tinggi, hingga letak jok yang dibuat rendah.

Untuk merubah motor kesayangan menjadi bentukan seperti ini, kamu harus menyiapkan budget yang cukup besar lho.

5. Bobber

Bobber (Thunderbike.com)

Modifikasi Bobber ini sangat cocok untuk kamu yang ingin terlihat garang di jalanan. Model motor yang mulai muncul pada tahun 1920 di Amerika ini umumnya menggunakan single jok dengan ban depan belakang yang besar.

Jika dilihat sekilas, tampilan dari modifikasi ini tampak mirip dengan Chopper. Perbedaannya terlihat pada ukuran stangnya, yang mana Chopper memiliki stang yang lebih tinggi, sementara Bobber lebih pendek.

Motor dengan aliran modifikasi seperti ini sangat nyaman digunakan sehari-hari maupun touring. Memilikinya membuat kamu semakin terlihat macho dan gahar di jalanan.

6. Scrambler

Scrambler (hiconsumption.com)

Aliran modifikasi Scrambler sangat cocok untuk kalian yang suka berpetualang. Scrambler hadir dengan menampilkan ban knobbly untuk nuansa off-road.

Untuk memodifikasi, Scrambler biasanya menggunakan ban dual-purpose. Scrambler umumnya memiliki stang fatbar juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi sehingga lebih asyik digunakan untuk jalanan yang tak beraspal.

Bagian tangkinya sendiri biasanya berbentuk bulat, begitu juga dengan lampunya.

7. Jap Style

Jap Style (Instagram/@japstyle.custom.indonesia)

Nah, modifikasi motor yang satu ini sangat disukai oleh kalangan pecinta modif Indonesia. Simpel adalah kata yang pas untuk modifikasi Jap Style, sehingga memunculkan ciri khasnya tersendiri.

Modifikasi khas Jepang ini memiliki ciri utama tangki yang berbentuk semi trail, single jok yang lebih tips dan lebih rendah dari tangki standar.

Selain itu, pada bagian stangnya terlihat telanjang, lampu depan menggunakan jenis yang bulat, rangkanya pendek, juga jarak antara ban depan dan belakang terlihat lebih panjang dari rangka.

Memodifikasi motor ke bentuk Jap Style biasanya menggunakan motor yang sudah lama usianya. Daripada terus-menerus memperbaiki mesin, lebih baik langsung merubah penampilannya agar lebih menyenangkan dan nyaman digunakan.

8. Supermoto

Supermoto (apritos.com)

Aliran modifikasi yang satu ini umumnya bernuansa trail. Namun, pada bagian kaki, khususnya velg dan ban yang digunakan berbeda dengan motor trail asli.

Umumnya, Supermoto menggunakan ban aspal dengan ukuran ring 17 pada bagian depan dan belakang. Tak lupa, knalpot, suspensi dan stang juga diganti.

Suspensi upside down tampaknya sudah cukup untuk meredam segala permukaan aspal yang tidak rata.

Bagi kamu pemilik motor matic jangan berkecil hati, soalnya skuter matic juga bisa disulap menjadi supermoto, namun dengan catatan jika isi dompet tidak goyang ya.

9. Street Fighter

Streetfighter adalah motor sport yang dimodifikasi dengan melepas fairing dan menambah beberapa part lainnya agar menghasilkan tampilan yang gahar. Modifikasi ini cocok untuk kamu yang ingin berkendara dengan gagah.

Modifikasi motor aliran Street Fighter biasanya menampilkan kesan yang lebih macho dengan tampilan yang gendut dan padat.

Ciri utama dari modifikasi ini mengganti kaki-kaki motor menggunakan velg dan ban yang lebih besar dan bantet. Selain itu, sektor mesin juga lebih ditonjolkan agar kelihatan garang dan agresif.

10. Touring

Touring (Instagram/@pipz_nf04)

Nah, untuk konsep modifikasi yang satu ini pasti sering kalian lihat di jalanan. Konsep modifikasi motor Touring memanfaatkan motor standar pabrik yang kemudian ditambah beberapa part pendukung seperti box bagasi di samping dan belakang.

Jenis sepeda motor yang satu ini memang dikhususkan untuk perjalanan jauh. Konsep ini pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Amerika yang senang bepergian.

Tak melulu tentang motor gede (moge), kamu juga bisa mengubah mengadaptasi modifikasi touring pada skuter matik milikmu.

Beberapa perubahan bisa dimulai dari meninggikan kaki-kaki, lalu mengganti ban menjadi lebih bantet, menggunakan stang lebar dan memasang hand guard, hingga memasang Box pada bagian kiri kanan dan belakang.

11. Thailook

Thailook (Instagram/@modifikasithailookstyle)

Nah, masih seputar skuter matic, modifikasi motor Thailook sangat populer di Indonesia.

Ciri utama pada aliran modifikasi ini terletak pada bagian kaki-kaki yang menggunakan velg jari-jari ukuran 17 yang dipadukan dengan ban yang berukuran kecil atau yang biasa disebut dengan ban cacing.

Penggunaan warna juga dibikin beragam agar terkesan lebih “wah”.

12. Tracker

Tracker (bikebrewers.com)

Modifikasi motor aliran Tracker berkembang di Amerika dan terinspirasi dari balapan AMA Grand National Championship.

Konsep modifikasi ini juga terbagi atas 4 macam yaitu flat tracker, board tracker, dirt tracker dan street tracker. Ketiganya memiliki keunikan masing-masih dan dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan isi kantong (pastinya).

Motor dengan tangki yang paling kecil ini juga dilengkapi dengan ban yang berbentuk semi kotak tahu yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan versi aslinya.

Nah, itulah beberapa ide modifikasi motor yang bisa kamu gunakan saat ingin mengubah tampilan kuda besimu. Kira-kira mana yang paling cocok dengan seleramu?

Tag : #modifikasi motor    #moge    #skuter matik    #chopper    #vintage    #klasik retro    #cafe racer    #thailook   

Baca Juga