Bank Indonesia mengeluarkan uang baru Tahun Emisi 2022 (Foto: detik.com)

Sabar, Uang Baru Belum Bisa Digunakan Untuk Setor Tunai di ATM

Rini | Ekonomi | 01-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Bank Indonesia mengungkap penyebab uang baru Tahun Emisi 2022 masih belum bisa digunakan untuk transaksi setor tunai di ATM, meski uang tersebut sudah resmi berlaku sejak 18 Agustus lalu.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, hal itu terjadi karena bank-bank di Indonesia masih dalam tahap penyesuaian sistem. Terlebih lagi karena mesin ATM di Indonesia jumlahnya sangat banyak, sehingga dibutuhkan waktu lebih untuk melakukan penyesuaian.  

"Bank-bank tentu butuh waktu untuk penyesuaian teknis di semua mesin ATM dan beberapa hal teknis lain," ujarnya, Rabu (31/8).

Meski begitu, Erwin mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh bank yang ada di Indonesia dan berharap proses ini dapat segera diselesaikan.

"Kami sih mengharapkan secepatnya, tapi juga memahami perlunya waktu untuk adjustment (penyesuaian) di sisi bank," jelasnya.

Sebelumnya, pemilik akun TikTok @kangrija mengunggah video saat dirinya mencoba menyetor tunai uang rupiah baru di sebuah ATM bank swasta Kota Bandung, namun transaksi tersebut tidak diterima dan gagal.

"Silahkan Ambil Uang Anda," demikian perintah di layar ATM.

Menanggapi video tersebut, banyak warganet yang mengatakan hal tersebut terjadi karena sistem di ATMnya masih belum diperbarui.

“Itu mesin ATM harus di upgrade dulu sama teknisi biar bisa baca uang TE2022,” tulis pemilik akun@frans123f.

“Ya belum lah, kan mesin harus di instal versi yang sudah di upgrade uang baru. Sabar napa,” tulis Fitria Wulandari menanggapi video tersebut.

Tag : #bank indonesia    #uang baru    #ekonomi    #transaksi setor tunai    #atm    #viral   

Baca Juga