YouTube Music gratis kini bisa mendengarkan lagu dalam versi audio atau hanya suara saja.

YouTube Music Bakal Lebih Mirip dengan Spotify

Wanovy | Teknologi | 23-10-2021

YouTube Music nampaknya mulai berubah menjadi layanan streaming audio yang mirip dengan Spotify. Bulan depan, pengguna Music gratis bisa lebih hemat kuota, karena bisa mendengarkan lagu favorit mereka dalam versi audio atau hanya suara saja.

Dikutip dari Gadget NDTV pada Jumat (22/10/2021), selama ini pengguna gratis YouTube Music dan pengguna premium mendengarkan lagu dalam versi video.

Hal ini membuat tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua jenis pengguna tersebut. Untuk itu, YouTube Music mengumumkan sedikit perubahan pada layanannya.

Melalui pembaruan ini, pengguna YouTube Music yang tidak berlangganan alias gratisan, hanya akan bisa mendengarkan konten dalam bentuk audio saja, tak lagi bisa menonton video di dalam aplikasi seperti saat ini.

Selain itu, pengguna YouTube Music gratisan juga akan tetap bisa mendengarkan musik meski aplikasi ditutup, sama seperti Spotify. Sebelumnya, hanya pengguna premium atau berlangganan yang bisa menikmati fitur ini.

Hal tersebut diungkapkan pihak Google melalui halaman resmi Google support. Menurut Google, Pembaruan ini baru akan mulai digelontorkan pada 3 November mendatang di wilayah Kanada. Google pun akan merilis pembaruan tersebut secara global meski belum diketahui jadwal pastinya.

"Anda dapat terus memutar musik setelah meminimalkan aplikasi atau mematikan layar Anda,”

“Berlarilah, jawab SMS, atau periksa beberapa email tanpa menghentikan musik Anda," ungkap YouTube dalam blog resminya yang dikutip dari Ars Technica, Rabu, (6/10/2021).

Sayangnya, pengguna gratis YouTube Music tidak bisa memilih musik, sesuai permintaan dan melompat dari satu lagu ke lagu lainnya. Sebagai gantinya, YouTube Music memberikan kesempatan pengguna untuk mendengarkan lagu secara acak dan disertai iklan.

Bagi pengguna yang tidak begitu kenal dengan aplikasi YouTube Music, saat memutar lagu, pengguna akan mendapatkan tab opsi "Song" dan "Video" di atas layar. Opsi ini hadir untuk memudahkan pengguna beralih dari format video ke format audio, atau sebaliknya.

Saat ingin beralih dari mode audio ke video, pengguna harus upgrade ke layanan Music Premium dengan membayar biaya langganan Rp 49.000 per bulannya. Bila ingin menonton konten video, pengguna YouTube Music gratisan disarankan untuk mengakses aplikasi utama YouTube.

Tag : teknologi, apps, youtube music, spotify

Berita Terkait