ilustrasi

7 Makanan Termahal Didunia, Harganya Bisa Bikin Dompet Kering

Martha | Selera Nusantara | 04-12-2021

PARBOABOA - Anda mungkin gak bakalan nyangka bahwa buah semangka bisa menjadi makanan termahal di dunia, sedangkan di Indonesia buah Semangka per 1/kilonya gak sampek Rp. 50.000. Jika kalian terkejut dengan fakta tersebut, sebaiknya periksa 7 daftar makanan termahal di bawah ini.

1. Kopi Luwak

Kopi ini diproduksi dalam jumlah industri di Indonesia, Filipina, dan India bagian selatan. Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia.
Biayanya fluktuasi antara 250 dolar AS hingga 1.200 dolar AS per kilogram, atau kisaran Rp3,5 juta hingga Rp16,9 juta.

2. Kuma-kuma atau safron

Bisa dibilang ini adalah bumbu termahal di dunia dengan harga yang bisa mencapai 400 hingga 1.000 dolar AS atau Rp5,5 juta hingga Rp14,1 juta per kilogram. Ini karena safron ini hanya tumbuh tujuh hari dalam setahun pada musim gugur.

Bumbu ini berasal dari bunga yang dikumpulkan dan diproses dengan tangan. Selain itu, untuk mengumpulkan 1 kg safron, perlu memetik 300 ribu bunga.

3. Taco di Grand Velas Los Cabos Resort

Siapa sangka makana khas dari Mexico ini bisa mencapai harga ratusan sekitar (Rp.375 juta) juga lho.

Ternyata makanan ini hanya bisa dipesan di Grand Velas Los Cabos Resort, makanan ini juga berbeda dengan kebanyakan taco yang pernah kamu lihat. Pasalnya, taco dengan harga yang sangat fantastis ini disajikan dengan tumpukan daging kobe terbaik.

Tak hanya itu, di dalamnya pun terdapat campuran black truffle brie cheese dan Almas Beluga caviar yang merupakan jenis roe termahal.

4. Semangka Densuke

Semangka merupakan salah satu buah favorit yang umumnya disukai oleh para penduduk di daerah tropis, termasuk Indonesia. Tapi uniknya, salah satu kota di Jepang, berhasil menjual buah bercita rasa manis ini dengan harga yang sangat fantastis yakni, Rp87 juta.

Menurut pengelola lelang, semangka yang mereka jual merupakan semangka paling langka yang ada di Jepang, dikenal juga dengan sebutan 'densuke watermelon'. Rasanya lebih manis dari semangka yang sering kamu temui di toko swalayan.

5. Sup Sarang Burung Walet

Sarang burung walet ini hampir keseluruhannya terbuat dari air liur burung walet, tampa ada tambahan bahan lainnya. Akibatnya, sarang burung ini menjadi sumber kelezatan untuk masakan Tiongkok. Harga per kilogramnya bisa mencapai 3.000 dolar AS atau Rp42,4 juta.

Kenapa harganya sangat begitu tinggi? Karena mengumpulkan sarang burung walet ini adalah pekerjaan yang sangat berbahaya. Burung tersebut biasanya membangun sarangnya di atas tebing yang terjal.

6. Daging Sapi Kobe

Menjadi salah satu kekayaan nasional Jepang, daging Kobe dari ras Tajima ini terkenal sebagai daging yang terbaik di dunia. Peningkatan daging marbling yang memberikan kelembutan luar biasa dan meningkatkan rasa daging sapi. Kualitas daging sapi Kobe ini disesuaikan dengan harga jualnya, yang mencapai hampir USD100 per pon.

7. Ayam Cemani

Ayam Cemani dibesarkan di Indonesia, dan tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan dapat menyebarkan flu burung. Jenis unggas ini sangat langka, sehingga satu ekor ayam harganya sekitar 200 dolar AS atau Rp2,8 juta di Indonesia. Dan di luar negeri, harganya bisa mencapai ribuan dolar.

Namun di Malaysia, ayam cemani sangat umum sehingga harganya tidak lebih tinggi dari ayam biasa.

Tag : #makanan    #termahal    #didunia    #harga    #terkejut   

Baca Juga