parboaboa

2 Rudal Rusia Hantam Kota di Timur Ukraina, 7 Orang Tewas 5 di Antaranya Warga Sipil

Umaya khusniah | Internasional | 08-08-2023

Situasi Kota Pokrovsk Ukraina pascaserangan dua Rudal Iskander Rusia. (Foto: X/@Lyla_lilas)

PARBOABOA, Kiev – Dua rudal Rusia dilaporkan menghantam Kota Pokrovsk, wilayah Donetsk timur, Ukraina pada Senin (7/8/2023) malam waktu setempat. Akibatnya, 8 orang tewas dan 67 lainnya luka luka.

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Ihor Klymenko melalui perpesanan Telegram pada Selasa (8/8/2023) mengatakan, korban luka terdiri atas 29 petugas polisi, 29 warga sipil, tujuh tim penyelamat dan dua orang anak.

Tak hanya itu, sejumlah bangunan juga dilaporkan hancur akibat kejadian tersebut. Bangunan yang rusak terdiri atas dua apartemen, rumah, hotel, tempat makan, toko dan gedung administrasi.

Menurut Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko, kedua serangan rudal tersebut terjadi dalam rentang yang cukup dekat, yakni sekitar 40 menit.

Usai kejadian tersebut, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam pidatonya menuduh Moskow berusaha untuk meratakan Ukraina timur. Dia juga menuduh Rusia menggunakan rudal balistik Iskander untuk menyerang wilayah sipil.

Sebelumnya, rudal, drone, dan artileri Rusia dilaporkan telah berulang kali menghantam wilayah sipil Ukraina dalam perang.

Namun, Kremlin mengatakan bahwa pasukannya hanya menargetkan aset militer. Sementara kerusakan lainnya disebabkan oleh puing-puing dari senjata pertahanan udara Ukraina sendiri.

Editor: Umaya khusniah

Tag: #rusia    #ukraina    #internasional    #rudal iskander    #pokrovsk    

BACA JUGA

BERITA TERBARU