parboaboa

Akhirnya Facebook Mengubah Fitur News Setelah 15 Tahun

Wulan | Teknologi | 16-02-2022

facebook

PARBOABOA, Jakarta -  Setelah 15 tahun keberadaan Facebook, akhirnya Meta mengubah nama News Feednya menjadi "Feed".

Nama baru ini diumumkan Facebook lewat cuitannya di Twitter. Nama News Feed sendiri sudah digunakan sejak fitur tersebut pertama kali dikenalkan 15 tahun yang lalu, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (16/2/2022).

Perubahan itu diumumkan hanya beberapa bulan setelah Mark Zuckerberg memberitahukan bahwa nama Facebook diubah menjadi Meta guna menekankan fokus perusahaan dalam mengembangkan metaverse.

Perubahan itu dikatakan cukup besar karena Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan Feed merupakan tampilan utamanya.

Juru bicara Facebook, Dami Oyefoso mengatakan bahwa perubahan ini merupakan suatu pencerminan atas banyaknya konten yang dilihat pengguna di Feed mereka. Perubahan nama ini tidak akan mengubah pengalaman pengguna.

perubahan nama News Feed menjadi Feed ini dilakukan agar Feed lebih bisa merefleksikan beragam konten yang bisa dilihat pengguna di Feed dan itu bukan hanya konten berita.

Tujuan pergantian nama ini dilakukan untuk mengurangi kebingungan publik. News Feed merupakan bagian utama dari Facebook yang selalu digulirkan oleh pengguna untuk melihat apa yang telah dibagikan oleh teman-teman Facebook mereka.

Diketahui, Facebook belum lama ini melaporkan adanya penurunan pengguna harian secara global. Adapun penurunannya, yakni dari 1,93 miliar menjadi 1,929 miliar di kuartal keempat 2021.

Tak hanya itu, Facebook juga melaporkan akan rendahnya pertumbuhan iklan. Hal ini dianggap membuat nilai sahamnya anjlok sekitar 20 persen.

Akibatnya, penurunan nilai saham besar-besaran tersebut membuat nilai pasar Meta turun USD 200 miliar. Hal ini memperlihatkan rebranding perusahaan dari Facebook ke Meta tidak cukup untuk mengalihkan investor dari masalah dalam bisnis inti media sosial tersebut.

Tak hanya pengguna Facebook saja yang mengalami penurunan pertumbuhan, tapi juga pengguna Instagram dan WhatsApp  juga datar di kuartal terakhir 2021.

Sebelumnya, Facebook dilaporkan kehilangan 1 juta pengguna harian di Amerika Utara, padahal di wilayah inilah penghasil uang terbanyak melalui bisnis iklannya.

Walaupun jumlah pengguna hariannya turun drastis, Meta masih tetap mengasilkan. Menurut perusahaan, Meta menghasilkan USD 40 miliar laba di tahun 2021, yang paling banyak menghasilkann ialah dari iklan.

Editor: -

Tag: #facebook    #fitur    #twitter    #instagram    #teknologi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU