H+1 Natal, Arus Lalu Lintas di Simalungun Masih Lancar

Arus lalulintas di perbatasan Kabupaten Simalungun-Pematang Siantar masih lancar (Foto: Parboaboa/Dimas)

PARBOABOA, Simalungun – Kondisi arus lalu lintas di sepanjang jalan Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara lancar sehari setelah perayaan Natal 2022. Kendaraan yang masuk ke wilayah ini didominasi berplat Medan (BK).

“Sampai sejauh ini masih terpantau landai ya, belum ada peningkatan yang signifikan,” ucap Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Simalungun, Haris Sihite, kepada Parboaboa, Senin, (26/12/2022).

“Di beberapa lintas kawasan wisata yang ada di Simalangun, seperti Parapat juga belum ada laporan negatif. Masih aman lancar,” tambahnya

Haris menyebutkan, kepadatan arus lalulintas sempat terjadi pada H-1 Natal di beberapa titik di wilayah Kabupaten Simalungun, termasuk di Gerbang Tol Sinaksak.

“Kemarin H-1 Natal sempat terjadi kemacetan arus lalu lintas. Kami menghitung, setidaknya ada sekitar 20 kendaraan roda empat per menitnya yang melintas. Namun, sekarang sudah berangsur turun,” ucapnya

Ia pun mengatakan, sejumlah kendaraan yang melintas masih di dominasi oleh kendaraan-kendaraan bernomor polisi Sumatra Utara. Di mana, kendaraan yang berasal dari wilayah Medan paling mendominasi.

“Kita lihat masih ber-plat BK ya. Paling banyak itu kendaraan yang dari Medan. Hampir setengah dari seluruh kendaraan yang melintas itu berasal dari Medan,” ucap Haris.

Haris pun memprediksi, kepadatan arus lalu lintas akan terjadi pada H-3 Tahun Baru 2023, atau tepatnya pada tanggal 28 Desember 2022 mendatang.

Ia mengatakan, Polres Simalungun telah menyiagakan seluruh personel di beberapa titik yang rawan kemacetan.

“Kita prediksi mulai macet nanti pada 28 Desember 2022, kan sudah banyak yang libur terutama anak sekolah. Kita juga sudah siapkan personel di titik rawan untuk mengurai kemacetan, terutama di perbatasan Simalungun-Pematang Siantar di wilayah Sinaksak dan juga di lintas menuju objek wisata Parapat,” pungkasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS