Ilustrasi asal mula keyboard qwerty

Kenapa Keyboard Menggunakan Susunan QWERTY? Ini Asal Mulanya

Wanovy | Teknologi | 10-01-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Apakah kamu tahu asal mula keyboard QWERTY? Susunan keyboard yang selalu kita gunakan di smartphone dan PC komputer itu ternyata punya sejarahnya loh.

Semua keyboard, baik yang ditampilkan di layar smartphone ataupun berupa perangkat keras di komputer, menggunakan susunan (layout) huruf yang dijuluki sebagai " QWERTY".

Disebut demikian karena huruf "Q", "W", "E", "R", "T", dan "Y" adalah deretan huruf pertama, paling kiri atas, dari susunan keyboard tersebut.

Kenapa tidak mengikuti urutan huruf standar alfabet seperti "ABCDEF"? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu kembali ke masa lalu. Yuk, simak informasi mengenai asal mula keyboard qwerty berikut ini.

Asal mula keyboard qwerty

Mesin ketik diciptakan oleh pria berkebangsaan Amerika yang bernama Christopher Latham Sholes, pada tahun 1868.

Pada tahun-tahun itu, papan tombol dalam mesin ketik masih menggunakan desain abjad yang urut dan disusun dalam dua baris.

Masalah muncul ketika mengetik dalam bahasa Inggris. Sebab, banyak huruf-huruf yang letaknya terlalu berdekatan, menyebabkan tangkai mesin ketik sering menyangkut ketika digunakan.

Akhirnya, pada tahun 1872, Sholes membuat susunan hurufnya menjadi susunan huruf Q-W-E-R-T-Y seperti sekarang ini.

Ia mengatur posisi huruf-huruf yang awalnya berurutan menjadi berjauhan satu sama lain agar kerja mesin ketik menjadi lebih efisien. Orang-orang pun mengetik tanpa perlu khawatir tangkai mesin ketik tersangkut lagi.

Ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa susunan papan tombol QWERTY merupakan saran dari operator telegraf.

Para operator ini perlu untuk menerjemahkan pesan dengan cepat. Akan tetapi, susunan alfabetis membuat penerjemahan pesan menjadi membingungkan dan tidak efisien.

Begitulah, meskipun asal mula keyboard QWERTY tidak luput dengan kontroversi, Sholes, sang penemu QWERTY sendiri menanggap bahwa QWERTY bukanlah sistem yang terbaik. Masih terbuka peluang untuk membuat susunan alfabet yang lebih baik lagi.

Susunan huruf selain QWERTY

Selain QWERTY, sebenarnya masih ada susunan huruf lain yang dikenal dengan ASK (American Simplified Keyboard) dan umum disebut susunan huruf DVORAK atau keyboard DVORAK.

Disebutkan pula bahwa di tahun 1930, susunan Dvorak buatan August Dvorak mampu menjadi saingan terbesar bagi QWERTY. Pengguna Dvorak mengatakan mereka dapat mengetik lebih cepat dan akurat.

Menurut hasil riset penelitian mengatakan bahwa susunan huruf DVORAK berpotensi membuat kita mengetik lebih cepat dan efisien. Namun karena DVORAK hadir terlambat dibanding QWERTY, maka susunan huruf DVORAK tidak dijadikan sebagai standar ISO.

Mereka juga tidak ingin mengganti susunan huruf QWERTY menjadi DVORAK, karena tidak ingin menanggung risiko yang akan terjadi jika QWERTY diganti menjadi DVORAK.

Karena pada dasarnya, manusia adalah mahkluk yang setia dengan kebiasaan. Ini merupakan salah satu sifat dasar yang dimiliki manusia.

Nah, itulah informasi mengenai asal mula keyboard QWERTY. Semoga bermanfaat!

Tag : #qwerty    #sejarah qwerty    #keyboard qwerty   

Baca Juga