Bahaya Di Balik Terlalu Sering Mengonsumsi Bakso untuk Kesehatan (Parboaboa)

Bahaya Dibalik Terlalu Sering Mengonsumsi Bakso untuk Kesehatan

Sari | Kesehatan | 30-07-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Berbicara tentang bakso, makanan ini sangat mudah kita dijumpai disetiap sudut kota di Indonesia. Bagaimana tidak, panganan yang satu ini adalah salah satu makanan favorit dan populer di masyarakat.

Citarasa gurih dari kuah bakso berhasil membuat setiap orang yang menyantapnya akan terhipnotis. Selain itu, bakso di Indonesia memiliki ragam varian yang bisa kita cicipi, seperti bakso urat, bakso telur, bakso keju, bakso sapi, bakso ikan dan varian lainnya.

Meski bakso merupakan makanan yang susah ditolak, tapi Anda tidak boleh loh terlalu sering mengonsumsinya. Terlebih karena bakso mengandung pengawet yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja efek samping jika terlalu sering makan bakso? Berikut ini Parboaboa sudah merangkum penyakit yang akan ditumbulkan akibat terlalu sering makan bakso. Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini.

Bahaya Makan Bakso Terlalu Sering

1. Menyebabkan Hipertensi

Bakso mengandung bahan penyedap seperti vetchin atau MSG. Tubuh manusia jika terlalu sering menerimanya dapat meningkatkan kadar tekanan darah. Gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala dan perut mual-mual.

2. Gangguan Sistem Saraf Otak

Di Indonesia masih mudah kita temukan penjual bakso nakal yang menggunakan campuran bahan borak atau formalin untuk bakso. Bila seseorang mengonsumsinya, bisa membahayakan terhadap sistem saraf otak. Seperti mengalami keterbelakangan mental, pada anak-anak akan mengganggu daya pikir serta keterampilan motorik.

3. Risiko Keguguran

Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bakso, karena berisiko mengalami keguguran. Sebagaimana kita ketahui bahwa, bakso mengandung tambahakan cuka, bahan penyedap, dan mengandung borak, yang bisa merusak organ tubuh janin yang baru terbentuk dan bisa menggagalkan pertumbuhan janin.

4. Asam Lambung Naik

Terlalu sering mengonsumsi cuka yang ada pada bakso akan berakibat merusak email gigi dan meningkatkan asam lambung, mual-mual, dan rasa tidak nyaman pada ulu hati yang berkesinambungan.

5. Menyebabkan Diare

Penggunaan borak dan formalin pada bakso menyebabkan dinding pencernaan akan mengalami iritasi dan peradangan yang mengakibatkan nyeri pada perut dan diare. Terlalu sering mengonsumsi bakso akan menyebabkan buang air besar tidak normal.

6. Menyebabkan Kanker

Kandungan borak dan formalin pasa bakso dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam DNA secara bertahap dan kelak memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia. Maka dari itu, borak dan formalin tidak boleh masuk ke dalam tubuh kita, karena bisa menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

Namun, terlepas dari bahaya yang ditimbulkan di atas, Anda tetap boleh mengonsumsi bakso selama menggunakan bahan dasar yang bersih dan tanpa adanya kandungan borak dan formalin. Selanjutnya, kurangin menggunakan penyedap rasa atau MSG secara berlebihan.

Tag : #bakso    #bahaya makan bakso    #kesehatan    #kanker    #hipertensi    #asam lambung   

Baca Juga