Ilustrasi Kanker Kulit (doktersehat.com)

Berikut Pengertian, Jenis, Penyebab, Gejala serta Cara Mengobati Kanker Kulit

Dimas | Kesehatan | 05-04-2022

PARBOABOA -  Kanker kulit termasuk 15 besar kanker yang umum terjadi pada kalangan masyarakat di tanah air. Pada 2018 lalu, tercatat ada sekitar 7.562 kasus kanker kulit yang ditemukan di Indonesia.

Terkait kasus tersebut, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui apa itu kanker kulit, jenis, penyebab, gejala serta cara mengobati kanker kulit.

Apa Itu Kanker Kulit?

Kanker kulit merupakan kelainan pada kulit yang ditandai dengan pertumbuhan abnormal sel kulit. Kanker kulit terutama menyerang sel kulit yang terpapar sinar matahari, seperti pada daerah wajah, lengan, dan tungkai.

Jenis Kanker Kulit

1. Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal merupakan salah satu jenis kanker kulit yang menyerang sel basal. Sel basal adalah jenis sel yang bekerja menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang telah mati. Kanker jenis ini umumnya menyerang daerah wajah dan leher.

2. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa, yaitu jenis kanker kulit yang tergolong tidak terlalu ganas. Pada umumnya tumbuh di kulit wajah, khususnya daerah sekitar telinga dan bibir. Jenis kanker ini dapat menyerang daerah lain di tubuh, terutama yang memiliki sel skuamosa.

3. Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang berkembang pada sel melanosit, sehingga mengganggu sel yang memproduksi melanin, yaitu pigmen pembentuk warna kulit. Pada umumnya terlihat seperti tahi lalat atau berkembang dari tahi lalat.

Penyebab Kanker Kulit

Berikut ini merupakan penyebab atau faktor risiko timbulnya kanker kulit, antara lain:

- Sering terpapar sinar ultraviolet.

- Kulit sering terbakar sinar matahari.

- Daya tahan tubuh rendah, seperti pada pengidap HIV/AIDS, orang yang mengonsumsi obat imunosupresan, dan penerima transplantasi organ.

- Memiliki banyak tahi lalat atau tahi lalat yang abnormal.

- Memiliki kulit berwarna cerah atau putih.

- Orang dengan usia lanjut.

- Paparan bahan kimia tertentu, seperti arsenik, dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

- Pengidap actinic keratosis, yaitu bercak-bercak berupa penebalan kulit yang - bersisik pada daerah wajah, tangan, dan kepala, yang berpotensi menjadi kanker kulit.

- Riwayat keluarga mengalami kanker kulit.

- Riwayat mendapatkan terapi radiasi.

- Riwayat mengalami kanker kulit sebelumnya.

Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit terutama berkembang pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, kulit kepala, lengan, dada, leher, dan telinga. Akan tetapi, perkembangan kanker pada bagian telapak tangan, kuku jari kaki, hingga area kemaluan juga dapat dijumpai.

Karsinoma sel basal akan menampilkan gambaran yang datar, menyerupai mutiara, atau tonjolan lunak berwarna coklat hingga warna kulit. Karsinoma sel skuamosa akan berbentuk nodul atau tonjolan berwarna merah tegas atau lesi datar dengan kerak dan permukaan yang bersisik. Melanoma, jenis kanker kulit yang paling berat, menunjukkan gambaran menyerupai noda coklat berukuran besar atau tahi lalat dengan bintik gelap.

Cara Mengobati Kanker Kulit

Melansir halodoc.com Pengobatan kanker kulit dapat dilakukan dengan beberapa pilihan dibawah ini, yaitu:

- Terapi fotodinamik, yaitu menghilangkan sel kanker dengan menggunakan cahaya.

- Eksisi tumor atau pembedahan, yang bertujuan untuk memotong lapisan kulit atau bagian kulit yang terserang kanker.

- Cryotherapy atau cryosurgery, yaitu terapi menghilangkan sel kanker dengan menggunakan metode pembekuan.

- Kemoterapi dan radioterapi.

Itulah informasi terkait jenis, penyebab gejala serta cara mengobati kanker kulit. Semoga bermanfaat!

Tag : #kanker    #kanker kulit    #kesehatan    #kasus kanker kulit   

Baca Juga