Berton Bahan Pangan Disiapkan untuk Pasar Murah di Medan

Suasana di salah satu pasar tradisional, Pasar Petisah Medan. Pemko Medan menggelar pasar murah dengan menyediakan 50 ton beras, 15 ribu liter minyak goreng, 20 ton gula, 72 ribu butir telur dan 5 ton cabai merah. (Foto: Parboaboa/Isnaini Kharisma)

PARBOABOA, Medan - Pemerintah Kota Medan menyediakan berton-ton bahan pangan untuk pasar murah yang digelar di tiga pasar yaitu Petisah, Marelan dan Sukaramai demia mengontrol stabilitas harga kebutuhan pokok di akhir tahun. 

Pelaksana Harian (Plh) Asisten Ekbang Pemko Medan, Mansyur Syah mengatakan, kegiatan pasar murah efektif membantu dan meringankan beban masyarakat, terutama saat akhir tahun dan hari besar keagamaan beberapa harga kebutuhan pokok naik.

"Meskipun bukan solusi terbaik namun ini salah satu oase di tengah kondisi saat ini apalagi jelang hari besar keagamaan  dan akhir tahun," katanya di Medan, Senin (26/12/2022) sore.

Dia pun meminta seluruh petugas Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar memantau dan mengawasi distribusi barang -barang yang dijual lebih murah dibanding harga normal di pasaran. 

"Kami tidak ingin terjadi penyelewengan pada kegiatan ini dan pastikan kegiatan ini bisa tepat sasaran. Jangan sampai didengar masyarakat mengeluh karena sulit mendapatkan produk murah di Gebyar Pasar Murah ini," jelas Mansyur Syah.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan, Suwarno menjelaskan, pasar murah yang digelar berkolaborasi dengan PT Pilar Indonesia. Bertujuan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, mulai dari sisi ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi.

Suwarno merinci, komoditas yang disediakan beras sebanyak 50 ton, minyak goreng 15 ribu liter, gula 20 ton, telur 72 ribu butir dan cabai merah 5 ton. 

Dikatakannya, pasar murah yang digelar di tiga pasar yakni pasar Petisah, Pasar Marelan dan Pasar Sukaramai dengan harga komoditas beras Rp48 ribu per 5 kg, telur Rp48 ribu per papan, gula Rp13.500 per 1 kg dan  minyak goreng Rp13.500 per 1 liter. 

"Kami menghimbau masyarakat dapat belanja kebutuhan pokoknya di pasar murah tersebut," sebut Suwarno.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS