Boyband asal Korea Selatan BTS (Dok: hops.id)

BTS Umumkan Hiatus: Fokus Solo Project

Dimas | Hiburan | 15-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Salah satu boy group asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan alias BTS baru saja comeback dengan merilis album antologi "PROOF" yang dirilis di kanal YouTube HYBE dan memilih "Yet To Come" sebagai lagu utama, Jumat (10/6).

Hal itu tentu membuat para ARMY (penggemar BTS) merasa bahagia dengan comeback kali ini. Pasalnya, BTS terakhir kali tampil di TV yakni pada bulan Maret 2020.

Namun, setelah merayakan anniversary ke 9 tahun pada 13 Juni 2022, BTS mengumumkan bakal hiatus. Pengumuman ini disampaikan BTS saat acara tahunan BTS FESTA yang disiarkan di kanal YouTube BangtanTV pada Selasa (14/6) malam.

Pada acara itu, mereka melakukan makan malam sambil mengenang masa selama sembilan tahun perjalanan karier sebagai grup, dan langkah ke depan yang akan mereka ambil.

RM selaku leader dari BTS mengatakan bahwa personel BTS saat ini butuh waktu untuk berkembang menjadi sosok yang lebih bijaksana. Meski mereka telah mendapatkan banyak hal selama sembilan tahun berkarir.

"Saya selalu berpikir bahwa BTS berbeda dari grup lain, tetapi masalahnya K-Pop dan sistem idol (di Korea Selatan) adalah mereka tidak memberikan Anda ruang untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi dewasa. Anda harus terus memproduksi musik dan melakukan sesuatu," kata RM.

Oleh karena itu, RM mengatakan bahwa dirinya ingin meminta waktu untuk berfikir terkait langkah selanjutnya dari BTS baik itu secara individu maupun grup.

Selain itu, salah satu anggota BTS lain yakni, Jimin juga menyebutkan keputusan untuk hiatus merupakan hal yang sulit. Sambil menahan tangis, ia mengatakan bahwa dirinya bersama anggota BTS lain merasa khawatir bakal mengecewakan para ARMY terkait keputusan hiatus.

"Kami tidak bisa tidak memikirkan fan kami, apa pun yang terjadi, kami ingin menjadi jenis artis yang diingat oleh penggemar kami. Saya pikir sekarang kami mulai berpikir tentang artis seperti apa yang kami masing-masing ingin dikenang oleh penggemar kami, "kata Jimin seperti dikutip NME.

"Saya pikir itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba menemukan identitas kami dan itu adalah proses yang melelahkan dan panjang," paparnya menambahkan.

Fokus Solo Project

Setelah merilis album antologi Proof pada 10 Juni lalu, kini tiap member BTS akan fokus merilis album atau proyek solo. Proyek ini dimulai dengan J-Hope yang pada 31 Juli mendatang akan tampil sebagai headliner atau penampil utama dalam festival musik pop dan rock legendaris di Amerika Serikat, Lollapalooza.

Pada bulan yang sama, V BTS juga bakal mengikuti variety spin-off dari BTS In The Soop, yaitu In The Soop: Friendship Trip. Ia akan melakukan program ini bersama geng artisnya Wooga Squad, yang terdiri dari Park Seo-joon, Choi Woo-shik, Park Hyung-sik, dan Peakboy.

Terakhir, meski masing-masing anggota BTS belum memberikan jadwal pasti soal perilisian album solo, namun Jungkook yang juga member BTS dalam acara yang sama mengatakan bahwa dirinya bakal merilis album solo setelah Suga merilis albumnya.

Tag : #bts    #bts hiatus    #hiburan    #bts vakum    #bts army    #bts festa 2022   

Baca Juga