Cara hemat kuota, foto: kompas

6 Tips Menghemat Kuota yang Paling Ampuh

Wanovy | Teknologi | 30-04-2022

 

PARBOABOA - Untuk menghemat paket data internet di Android, kita tidak perlu mematikannya setiap saat kok.

Ada beberapa cara hemat kuota yang bisa ditempuh tanpa harus mengorbankan kebutuhan akan internet. Ingin tahu? Yuk, simak tipnya berikut ini!

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, kamu pasti lebih sering berada di rumah daripada bepergian.

Bahkan aktivitas seperti bekerja dan belajar juga dipindahkan ke rumah. Kondisi ini membuat kamu memerlukan kuota internet yang banyak. Tapi kamu juga harus mengenal cara menghemat kuota internet di rumah.

Bagaimana cara menghemat kuota di rumah?

Jika kamu memang masih menggunakan jaringan internet dengan kuota di dalam smartphone, jangan sampai sembarangan membuka berbagai website dan aplikasi lainnya.

Perlu cara-cara khusus agar aktivitas yang dijalankan tetap dibarengi dengan hemat kuota. Berikut cara hemat kuota.

1. Matikan location ketika sedang tidak dibutuhkan

Cara menghemat kuota internet rumah yang pertama adalah matikan fitur location pada perangkat saat sedang tidak dibutuhkan.

Tahukah Anda? Fitur location pada beberapa aplikasi yang biasa kita pakai tak hanya mengakibatkan baterai perangkat cepat habis saja, namun juga cukup banyak menyedot kuota untuk mengirim serta men-download data.

Agar penggunaan kuota Anda tetap hemat, Anda bisa memilih opsi untuk menyalakan fitur location hanya saat aplikasi sedang digunakan saja.

2. Tutup tab platform video saat tidak ditonton

Menonton video melalui platform seperti YouTube atau sejenisnya memang menyenangkan. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan bijak risikonya kuota internet rumah akan cepat habis.

Ketika menonton video dengan kualitas SD (480p) misalnya, Anda bisa menghabiskan sekitar 300 MB per jam.

Sementara untuk HD (720p) sekitar 700 MB per jam, sedangkan untuk kualitas terbaik Full HD (1080p) dapat menghabiskan data hingga 3 GB per jamnya.

Untuk menghemat data internet Anda, sebaiknya turunkan kualitas video jika tak terlalu dibutuhkan, serta jangan lupa tutup tab platform saat tidak ditonton karena proses men-download datanya tetap berlangsung.

3. Nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya seperti di WhatsApp.

Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Pengunduhan file otomatis itu bakal mengonsumsi kuota sehingga bisa membuat boros pemakaian paket data.

Padahal, tidak semua file terkirim itu penting untuk diunduh. Sebab itu, matikan pengunduhan file otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial.

4. Nonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan versi aplikasi juga bisa mengonsumsi kuota dalam jumlah yang cukup besar, kadang bisa mencapai 100 MB lebih.

Jika pembaruan dilakukan menggunakan jaringan seluler maka kuota internet bakal bisa cepat habis.

Untuk itu, Anda perlu mematikan pembaruan aplikasi otomatis yang menggunakan jaringan seluler agar bisa menghemat kuota dari paket data internet.

Platform toko aplikasi di tiap ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone), biasanya punya pengaturan cara memperbarui aplikasi yang telah diinstal.

5. Jangan mengaktifkan semua opsi sinkronisasi

Sering kejadian, kuota internet berkurang karena ada sinkronisasi otomatis pada ponsel. Kamu harus lebih jeli dan peka akan hal ini.

Tak perlu mengaktifkan semua opsi sinkronisasi, cukup pilih akun tertentu saja. Demi internet hemat, kamu bisa masuk ke menu Settings lalu pilih Accounts untuk kemudian melakukan seleksi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akun tertentu.

6. Lebih selektif dalam memilih browser

Salah satu browser yang terkenal lebih hemat kuota adalah Opera Mini. Browser yang satu ini dipercaya memiliki kemampuan menyimpan kuota data internetmu secara primer, yaitu dengan mengompres situs yang kamu kunjungi.

Browser ini jadi andalan para penghemat kuota yang sering berselancar di dunia maya menggunakan smartphone.

Tag : #cara hemat kuota    #kuota internet    #tips    #teknologi   

Baca Juga