Cara mematikan Windows Defender, foto: Kompas

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Wanovy | Teknologi | 23-06-2022

PARBOABOA - Terganggu dengan pop-up antivirus di komputer? Atasi hal ini dengan mengikuti cara mematikan Windows Defender secara sementara dan permanen di bawah ini, yuk!

Untuk mencegah virus dan malware memasuki komputer atau laptop, Windows menyediakan sebuah aplikasi antivirus bernama Windows Defender.

Namun, banyak orang merasa terganggu dengan keberadaan Windows Defender karena sering kali aplikasi ini akan menghapus file dan aplikasi tidak berbahaya karena dianggap sebuah virus.

Selain itu, antivirus juga sering memunculkan pop-up yang membuat aktivitasmu di gawai terganggu.

Jika Anda mengalami hal tersebut, yuk ikuti cara mematikan Windows Defender secara sementara atau permanen di bawah ini!

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Berikut cara mematikan Windows Defender di Windows 10 yang bisa Anda ikuti:

- Buka antivirus Windows Defender, pengguna dapat membuka melalui kolom pencarian. Pergi ke menu “Virus & threat protection”.

- Setelah itu buka pilihan “Virus & threat protection setting”.

- Di dalam menu, terdapat pilihan “Real-time protection” yang pengguna dapat non-aktifkan dengan cara menggeser toggle ke posisi off.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Untuk mengaktifkan Windows Defender kembali, pengguna bisa mengakses ke menu tadi kemudian menggeser toggle pada pilihan “Real-time protection” ke posisi on.

Perlu diketahui, mematikan antivirus Windows Defender akan sangat berbahaya bagi keamanan PC.

Sebaiknya jangan terlalu lama mematikan Windows Defender, karena PC sangat rentan terhadap serangan virus.

Perlu dicatat, pastikan Anda 100 persen yakin bahwa Anda perlu dan ingin mematikan fitur keamanan Windows Defender.

Sebab, aplikasi tersebut berfungsi untuk melindungi PC Anda dari berbagai ancaman dan program berbahaya yang hendak masuk ke perangkat Anda.

Artinya, apabila Windows Defender dimatikan, maka PC Anda akan tidak terlindungi dari berbagai ancaman di internet, kecuali Anda memasang aneka antivirus tambahan, seperti Kaspersky, Avast, Eset, dan lain sebagainya.

Kendati dimatikan, fitur pemindaian secara berjadwal dari Windows Defender masih akan tetap berjalan secara sistem alias secara background, sebagaimana dirangkum dari laman SupportMicrosoft, Kamis (23/6/2022).

Namun, file-file berbahaya yang masuk ke dalam komputer pada saat Windows Defender dimatikan tetap tidak akan dipindai dan tetap bisa diakses, setidaknya hingga proses pemindaian berjadwal berjalan secara berkala.

Demikianlah informasi seputar cara mematikan Windows Defender yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Tag : #windows defender    #windows10    #tips    #teknologi    #antivirus   

Baca Juga