Ilustrasi velg mobil (dok:republika.co.id)

Berikut Cara Memilih Velg Mobil yang Tepat

Dimas | Otomotif | 14-05-2022

PARBOABOA, Jakarta -  Tak sedikit orang yang menginginkan tampilan yang berbeda dari mobil yang mereka miliki. Salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengubah tampilan mobil, yakni dengan mengganti velg mobil.

Meski begitu, sebelum Anda mengganti velg mobil dengan yang baru, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu keamanan dan kenyamanan velg tersebut. Sebab, hal itu sangat penting dilakukan agar nantinya Anda tidak salah dalam memilih velg yang baru.

Selain itu, ada hal lain yang penting Anda perhatikan sebelum mengganti atau membeli velg baru, seperti:

1. Desain Velg

Desain velg merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti atau membeli  velg yang baru. Pasalnya, dari beberapa velg yang dijual, tentu Anda akan memilih velg sesuai dengan desain yang diinginkan dan budget yang Anda miliki. Dalam memilih desain velg, Anda tentunya tidak hanya berpatok pada alasan penampilan saja, tetapi disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan keamanannya.

Untuk itu, dalam memilih velg mobil sebisa mungkin tidak hanya dilihat dari faktor penampilan mobil agar terlihat gagah dan trend saja, tetapi lebih baik lagi jika Anda juga memikirkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

2. Spesifikasi Velg

Umumnya, dalam memilih velg mobil, pemilik mobil tentunya akan mengecek terlebih dahulu spesifikasi velg yang akan digunakan. Misalnya, material yang digunakan hingga ukuran velg.

Bicara soal ukuran velg , mungkin istilah Pitch Circle Diameter (PCD) sudah tidak asing lagi terdengar. PCD merupakan jarak lubang baut pada velg. Biasanya, ketika membeli velg tertera 4 x 100, artinya adalah velg tersebut terdiri dari 4 lubang dengan PCD 100 mm.

Selain PCD, Anda juga bisa mengecek lebar velg. Karena, ukuran velg akan berpengaruh terhadap ukuran ban yang akan digunakan. Offset velg juga penting untuk diperhatikan. Bagian ini menentukan keluar atau masuknya pinggiran velg dari fender mobil. Semakin kecil offset-nya, maka bagian pinggir velg akan semakin keluar dari bagian fender, begitu juga sebaliknya.

Kemudian, jangan lupa untuk mengecek material yang digunakan. Jika Anda pergi ke toko velg, mungkin bingung untuk memilihnya karena desainnya begitu menarik. Tapi, kebingungan itu bisa diminimalisir dengan memilih material yang bagus untuk digunakan pada mobil Anda. Umumnya, material yang digunakan adalah logam ringan, seperti, billet steel dan forged alloy. Material tersebut memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mobil.

3. kualitas Velg

Kualitas velg merupakan hal sangat penting utnuk diperhatiakan. Kualitas velg mencakup material apa yang digunakan dan seberapa lama velg tersebut bisa bertahan. Untuk pilihan jenis velg, biasanya Anda dihadapkan dengan pilihan one piece (rangkaian velg terdiri dari satu komponen saja) biasanya velg ini lebih sering ditemukan, two pieces (rangkaiannya terdiri dari dua komponen, seperti barrel dan face atau bagian tengah), atau three pieces (memiliki tiga bagian, bagiannya sama dengan two pieces, namun bagian barrel terdapat inner dan outer).

4. Ketahui Jenis-Jenis Velg

Berdasarkan pembuatannya, velg terbagi menjadi tiga jenis, yaitu velg casting, velg flow forming dan velg forged. Adapun perbedaan dari ketiga velg tersebut adalah, sebagai berikut:

a. Casting

Sesuai namanya, velg casting adalah velg yang dibuat dengan cara dicetak. Cara pembuatan velg jenis ini dibagi menjadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting, yakni dengan melelehkan material velg menjadi cairan. Kemudian, material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk.

Selain itu, casting diketahui merupakan metode pembuatan velg yang paling umum dengan biaya produksi murah dan waktu pembuatan yang lebih singkat.

b. Flow Forming

Pengertian flow forming ialah proses pembuatan velg melalui beberapa tahap dari proses cetak, kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg.

Jenis velg flow forming juga dinilai memiliki durabilitas 20 persen lebih kuat dan ringan, namun harganya dinilai lebih mahal.

c. Forged

Velg ini dibuat dengan teknolgi paling rumit. Materialnya berbentuk silinder padat berupa alumunium karena kuat dan ringan, sehingga cocok untuk bahan pembuatan velg. Cara pembuatannya, yaitu alumunium padat dimasukkan dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk menjadi velg. Dalam prosesnya, velg ditekan (press) sehingga menghasilkan velg yang solid dan keras.

Velg jenis ini merupakan velg yang paling mahal diantara kedua jenis velg diatas. Sebab, saat proses Computer Numerical Control (CNC), banyak bahan baku yang terbuang.

Nah, itulah seputar indomasi mengenai  cara memilih velg mobil yang tepat. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #velg mobil    #otomotif    #spesifikasi velg    #desain velg    #jenis velg   

Baca Juga