Ilustrasi

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G di Telkomsel

Wanovy | Teknologi | 01-07-2022

PARBOABOA - Meski beberapa operator lain dikabarkan juga tengah berlomba dalam mempersiapkan jaringan 5G, hingga saat ini 5G Telkomsel masih menjadi perbincangan hangat.

Ya, seperti yang kita ketahui, PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel, menjadi operator pertama yang menawarkan jaringan 5G pertama di Indonesia.

Namun ternyata, sampai saat ini masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G Telkomsel.

Guna menikmati layanan 5G Telkomsel, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan setia Telkomsel. Beberapa diantaranya meliputi:

1. Gunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)

Pertama-tama, kamu harus memastikan kamu memakai SIM Card 4G atau uSIM. Dengan begitu, tidak perlu lagi mengganti kartu SIM 4G ke 5G.

2. Pastikan sudah di lokasi yang melayani

Baru ada beberapa daerah yang bisa menjangkau jaringan 5G. Karena itu, pastikan kamu memang berada di wilayah yang melayani jaringan generasi ke-5 itu.

3. Apakah sudah ada fiturnya

Kamu juga harus yakin fitur 5G sudah diaktifkan di perangkat kamu. Untuk tahap awal, pita frekuensi yang dipakai operator seperti Telkomsel berada di 2,3 GHz.

4. Pakai perangkat yang mendukung

Hendra Mulya Syam Direktur Utama Telkomsel di acara 'Hyper 5G Unlock The Future' Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), di Solo, bulan Juni silam, menjelaskan bahwa perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2.300 MHz.

Perangkat ini antara lain yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. Akan tetapi, sekarang makin banyak lagi smartphone 5G.

5. Nomor ponsel sudah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung dan bertambah secara bertahap.

Khusus pelanggan Telkomsel, dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Demikianlah informasi seputar cara mengaktifkan jaringan 5G di Telkomsel yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #5g    #telkomsel    #tips    #teknologi    #internet    #jaringan   

Baca Juga