Sederhana, Ini Cara Menghormati Orang Tua dan Guru yang Bisa Diterapkan Sehari-hari

Cara menghormati orang tua dan guru (Foto: Parboaboa/Wulandharahap)

PARBOABOA – Orang tua dan guru menjadi orang-orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, sahabat Parboaboa.com. Orang tua adalah orang yang melahirkan, merawat, dan mendidik kita sejak masih bayi hingga tumbuh dewasa dengan penuh kasih sayang. Sedangkan guru adalah orang yang sudah mendidik dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat sehingga bisa menjadi bekal bagi kita untuk menggapai cita-cita.

Anjuran untuk menghormati orang tua dan guru juga disampaikan dari sudut pandang agama karena sikap ini merupakan sikap baik yang wajib diterapkan oleh setiap anak.

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua dan Guru

Ada banyak cara menghormati orang tua dan guru. Memuliakan mereka tidak harus dengan cara-cara yang luar biasa atau selalu menunjukkan rasa takut. Menghormati orang tua dan guru juga bisa dilakukan dengan tindakan sederhana. Sebelum membahas bagaimana cara menghormati orang tua dan guru, berikut ini adalah alasan mengapa kita harus senantiasa menghormati dan menghargai orang tua dan guru:

1. Anjuran Agama

Tuhan, pencipta alam semesta, memerintahkan semua manusia untuk selalu berbakti terhadap orang tua dan guru sampai kapanpun. Dalam pelajaran agama di Sekolah, kajian-kajian di luar sekolah, sampai dakam buku-buku keagamaan banyak ditemukan berbagai anjuran untuk senantiasa menunjukkan sikap menghormati dan menyayangi orang tua dan guru-guru kita. Bahkan doa-doa dari orang tua dan guru dinilai memiliki peran yang penting dalam keberhasilan kita.

2. salah satu bentuk sikap berbakti

Sikap menghormati orang tua dan guru menjadi salah satu wujud perilaku berbakti kepada mereka. Bersikap lembut dan selalu menunjukkan bahwa kita hormat dan patuh terhadap segala nasehatnya tentu akan membuat mereka merasa senang dan mengikhlaskan segala jerih payahnya dalam membesarkan dan mendidik kita.

3. Wujud rasa terima kasih atas jasa-jasanya

Tak bisa dipungkiri bahwa orang tua dan guru memiliki andil besar dalam kehidupan kita. Orang tua sangat berperan dalam merawat, menjaga, dan mendidik anaknya sejak lahir hingga beranjak dewasa. Dan peran guru merupakan orang yang mengajar dan mendidik murid-muridnya dengan kasih sayang. Orang tua dan guru berperan mengukir jalan masa depan. Jasa yang tak ternilai harganya ini harus selalu diingat sepanjang masa.

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru, Jelaskan!

Setelah mengetahui alasan mengapa kita harus sikap menghormati, menyayangi orang tua dan juga guru, sekarang saatnya membahas bagaimana cara menghormati orang tua serta menghargai guru.

Perilaku Menghormati Kedua Orang Tua

  1. Berbakti yakni dengan melaksanakan nasihat dan perintah yang baik dari keduanya.
  2. Merawat dengan penuh keikhlasan dan kesabaran apalagi jika keduanya sudah tua dan pikun.
  3. Merendahkan diri, kasih sayang, berkata halus dan sopan, serta mendoakan keduanya.
  4. Rela berkorban untuk orang tuanya.
  5. Meminta kerelaan orang tua ketika akan berbuat sesuatu.
  6. Berbuat baik kepada orang tua, walaupun ia berbuat aniaya.

Perilaku Menghormati Guru

  1. Menghormati dan memuliakannya, serta mengikuti nasihatnya.
  2. Mengamalkan ilmunya dan membaginya kepada orang lain.
  3. Tidak melawan, menipu, dan membuka rahasia guru.
  4. Memuliakan keluarga dan sahabat karib guru.
  5. Murid harus mengikuti sifat guru yang baik akhlak, tinggi ilmu dan keahlian, berwibawa, santun dan penyayang.
  6. Murid harus mengagungkan guru dan meyakini kesempurnaan ilmunya.
  7. Menghormati dan selalu mengenangnya, meskipun sudah wafat.
  8. Bersikap sabar terhadap perlakuan kasar atau akhlak buruk guru.
  9. Menunjukkan rasa berterima kasih terhadap ajaran guru.
  10. Sopan ketika berhadapan dengan guru, misalnya; duduk dengan tawadu’, tenang, diam, posisi duduk sedapat mungkin berhadapan dengan guru, menyimak perkataan guru sehingga tidak membuat guru mengulangi perkataan.
  11. Tidak dibenarkan berpaling atau menoleh tanpa keperluan jelas, terutama saat guru berbicara kepadanya.
  12. Berkomunikasi dengan guru secara santun dan lemah-lembut.

Demikianlah artikel tentang alasan dan bagaimana cara menghormati orang tua dan guru. Penting untuk kamu ingat, pembahasan di atas harus selalu di terapkan. Karena dengan melakukannya, sudah menjadi salah satu bukti bahwa kita menghargai mereka dan jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih atas jasa-jasa mereka berikan kepada kita, ya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS